Kerja Posisi Desainer Grafis dan Jenis Software yang Harus Dikuasai

Andi Jalaludin

Kerja Posisi Desainer Grafis dan Jenis Software yang Harus Dikuasai
Software apa saja yang harus di Kuasai oleh para Desainer Grafis ?

Bekerja di posisi Desainer Grafis tentunya banyak sekali peluangnya, baik menjadi seorang freelancer Desainer Grafis yang bekerja secara mandiri maupun di perusahaan. Banyaknya kebutuhan Desainer Grafis biasanya oleh perusahaan untuk kebutuhan dari mulai promosi, memperkuat branding ataupun mempertahankan brand awareness yang sudah dibuat. Namun untuk memvisualisasikan sebuah konten ataupun brand untuk dipromosikan tentunya memerlukan software desain grafis yaitu umumnya menggunakan Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, Adobe InDesign dan Corel Draw.

Apa Software tambahan yang harus dikuasai oleh para Desainer Grafis ?

Seiring dengan kemajuan era digital ditambah dengan semakin meningkatnya angkatan kerja maka terkadang perusahaan menambahkan kualifikasi untuk lowongan kerja posisi Desainer Grafis dengan memiliki kemampuan tambahan berupa kemampuan menggunakan software editing video misalnya penggunaan Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect, hal ini dikarenakan konten yang dipublish selain konten statis juga dibutuhkan konten grafis yang dinamis alias harus ada motion grafis. Tentunya dengan adanya penambahan software Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect terkadang menjadi kendala sebagian para pencari kerja untuk posisi Desainer Grafis, karena mungkin harusnya software tersebut digunakan untuk poisi Video Editor. Tapi tidak perlu pesimis dengan adanya penambahan kualifikasi penguasaan software Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect, karena biasanya kemampuan software tersebut untuk posisi Desainer Grafis tidak harus benar - benar pro seperti layaknya Video Editor, minimal punya kemampuan basic sudah cukup mengenai penguasaan software tersebut. Penguasaan basic cara menggunakan Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect sudah cukup mumpuni untuk membuat short konten dinamis atau motion grafis, ditunjang dengan ketersediaan template yang melimpah secara gratis disitus - situs penyedia template video.

Apa Software alternatif tambahan yang harus dikuasai oleh Desainer Grafis ?

Namun ada alternatif software tambahan untuk para Desainer Grafis untuk membuat konten desainnya lebih dinamis alias bisa membuat motion grafis dari software video editor ini dan cukup ringan di gunakan untuk spek laptop low end alias laptop spek rendah yaitu :

  1. Camtasia Studio
  2. Filmora
  3. Vegas Pro

mungkin software editing video tersebut sebagai alternatif sebagai tambahan kemampuan untuk para Desainer Grafis dalam membuat motion grafis yang bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan posisi Desainer Grafis.

Paparan diatas dibuat atas keluhan orang - orang yang sering admin lihat di media sosial serta pengalaman admin yang pernah menjadi pencari kerja dan bekerja di posisi tersebut. Apabila ada kekeliruan ataupun tambahan silahkan komentar pada kolom komentar yang tersedia berdasarkan fakta dan pengalaman, dan mudahan - mudahan bisa menginpirasi para pencari kerja untuk posisi Desainer Grafis dalam peningkatan kemampuan.

Thanks, semoga bermanfaat

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar