Pengalaman Dibanned Google Adsense dan Buat Konten Kembali

Andi Jalaludin
Pengalaman Dibanned Google Adsense dan Buat Konten Kembali

Pengalaman dibanned

Sekitar tahun 2021 saya mengalami banned Google Adsense karena ulah saya sendiri, yaitu menggunakan VPN dan lebih buruknya lagi akun Google Adsense yang dihubungkan ke blog dan youtube alias satu akun Adsense, imbasnya menyebabkan ke akun blog juga yang ikut kebanned. Tentunya dengan kejadian itu membuat saya cukup pesimis untuk memulai buat konten di youtube dan blog, karena periklanan yang bisa diandalkan hanyalah Google Adsense, meski dulu ada program sistem MCN tetapi saya tidak tertarik untuk menghubungkan akun youtube ke program MCN, akhirnya saya memutuskan untuk membuat channel baru kemudian memindahkan video dengan menghapus video di akun youtube lama untuk dipindahkan ke akun youtube baru. Proses pemindahan video di akun youtube lama yaitu dengan cara menggunakan google takeout untuk mendownloadnya supaya resolusinya tidak berubah seperti video aslinya. Namun ketika proses download dari google takeout kemudian menghapus video di akun youtube lama itu merupakan pelanggaran sehingga di akun youtube lama ada notifikasi pelanggaran. Karena saya mikirya akun youtube lama tidak akan dipakai lagi maka saya tidak menghiraukan notifikasi tersebut. Ada beberapa pelajaran yang bisa saya ambil yang mudah mudahan bisa menginspirasi dan tidak melakukannya seperti yang saya pernah lakukan.

Apa saja kesalahan fatal saat menjadi partner Google Adsense

  1. Jangan menghubungkan satu akun adsense untuk 2 jenis konten yaitu antara youtube dan blog karena jika salah satu terkena banned maka keduanya akan terkena imbasnya.
  2. Meningkatkan penghasilan menggunakan VPN di youtube pasti terkena banned, entah VPN berbayar ataupun gratis, Google akan mendeteksi traffic invalid, maka dari itu jangan pernah menggunakan cara curang tersebut.
  3. Tindakan subs for subs yang disalahgunakan pada akun yang telah di adsense dengan tujuan meningkatkan pedapatan akan terdeteksi pada waktu yang tidak di tentukan, terkadang google melakukan pembersihan pada tahun - tahun tertentu untuk menjaga ekosistem periklannya. Pola kecurangan akan terdeteksi mungkin google punya teknologi yang tidak dipublish untuk mengawasi partner adsense, yang jelas menurut saya google mendeteksi secara matematis dengan melihat waktu, durasi dan pengulangan ip address untuk melihat pola kecurangan.

Jenis aturan yang bahkan tidak di sadari saat menjadi partner Google Adsense

Ada beberapa konten yang bisa menyebabkan Adsense kena suspend dan banned, salah satunya konten pornografi dan kekerasan. Selain itu konten yang berisi memojokan negara - negara yang dibela oleh pemerintahan Amerika Serikat kemungkinan akan terkena suspend dan banned hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembatasan iklan di wilayah Rusia karena perang Rusia Ukraina. Ada beberapa youtuber yang terkena banned adsensenya setelah membahas perang Israel dan Hamas, padahal akun youtube tersbut sudah 1 juta lebih subscribernya, ya mungkin seolah memojokan negera yang dibela pemerintahan AS yaitu Israel.
Selain itu jangan pernah share link untuk jaringan iklan shortener yang sering di pake untuk periklanan website yang menyediakan software atau aplikasi bajakan pada kolom deskripsi youtube karena akan terdeteksi sebagai pelanggaran misalnya share link dari linkvertise, adpaylink dsb.
Sebenarnya masih banyak alternatif periklanan selain Google Adsense, namun periklanan saat ini yang masih unggul untuk mendapatkan penghasilan yaitu Google Adsenese, maka dari itu kalian bisa ikuti aturan yang telah diberlakukan oleh Google Adsense selama masih ingin menjadi partner Google Adsense.

Paparan diatas adalah pengalaman yang saya alami dan saya lihat, mudah - mudahan bisa bermanfaat. Thanks

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar