A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Menghapus Pagar pada Foto | Manipulasi di Photoshop

Di era digital saat ini banyak sekali foto atau gambar dengan sekilas posisinya tampak sama akan tetapi objek yang ada di foto atau gambar tersebut berbeda. Penambahan atau pengurangan objek sebuah foto atau gambar bisa juga dikatakan sebuah manipulasi foto atau gambar. Semakin pesatnya dunia digital saat ini tentunya manipulasi sangat dibutuhkan sekali baik untuk keperluan komersil ataupun hanya sekedar hobi dengan alasan untuk menghemat waktu dan biaya. Pembelajaran manipulasi foto atau gambar ini semata – mata untuk keperluan yang bersifat positif, jangan sampai kalian berpikir bahwa manipulasi ini bisa digunakan untuk memanipulasi dokumen yang sifatnya legal karena di era digital saat ini manipulasi foto atau gambar akan selalu terlihat jika disalahgunkan, karena tujuan data yang misalnya tertetera pada foto atau gambar sudah banyak disimpan di server web penyedia dokumen bersangkutan. Kalaupun kalian ingin memanipulasi foto atau gambar hendaklah meminta izin ke web yang bersangkutan atau ke personal yang upload foto atau gambar yang bersangkutan supaya tidak dikenakan hak cipta.

Mungkin paparan diatas hanya sedikit mengedukasi saja supaya kegiatan materi pembelajaran Adobe Photoshop ini digunakan dengan bijak. Oke guys kita akan langsung praktik bagaimana cara manipulasi foto atau gambar. Pertama kalian bisa download sample gambarnya melalui link dibawah ini.

DOWNLOAD Sample Gambar

Oke setelah di download gambarnya kalian bisa ikuti langkah – langkah berikut ini :

Langkah 1. Kalian bisa drag gambarnya ke Photoshop atau pergi ke menu File kemudian pilih Open dan pilih gambar yang sudah didownload. Kemudian tandai pagar tersebut dengan menggunakan rectangle tool. Setelah dibuat ractanglenya pada bagian horizontal dan vertical pagar, kemudian merge shapes untuk menyatukan rectangle yang telah dibuat.
Langkah 2. Pilih rectangle yang telah digabungkan, kemudian klik kiri pada layer rectangle sambil tekan CTRL pada keyboard supaya bisa terseleksi.
Langkah 3. Hide rectangle kemudian pilih layer background, setelah itu pergi ke menu Edit kemudian pilih Fill dan Contensnya kalian bisa pilih Content-Aware, Modenya Normal dan Opacitynya 100% kemudian klik OK.

Langkah 4. Maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.

Untuk kerapihannya sendiri kalian bisa rapihkan serapih mungkin, yang sekiranya tampak shadow pagar, kalian bisa tandai dengan brush tool untuk seleksi menggunakan langkah yang pertama atau kalian bisa manfaatkan Clone Stamp Tool untuk merapihkannya.

Selamat mencoba !!

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.


Terima kasih, semoga bermanfaatšŸ˜€

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar