A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Membuat Animasi Glow Effect Berkedip di Photoshop

Hai everyone, di materi sebelumnya kita sudah pernah belajar mengenai glow effect atau neon effect di Adobe Photoshop. Nah di materi ini juga kita akan belajar glow effect lagi, akan tetapi glow effect yg berkedip atau istilah umumnya animasi. Sebenarnya ini hanya untuk pengenalan mengenai motion graphic bahwa dalam pembuatan motion graphic di Adobe Photoshop ini kalian membutuhkan beberapa layer untuk dijadikan frame pada timeline Adobe Photoshop. Oke pertama kalian bisa download background gambarnya melalui link dibawah ini ataupun kalian bisa search melalui Google atau Yandex dengan mengetikan "break seamless".


Oke apabila kalian sudah menyiapkan backgroundnya, kalian bisa ikuti langkah - langkah berikut ini :
Langkah 1. Kalian bisa drag background yang sudah kalian download ke aplikasi Photoshop, ataupun kalian bisa menggunakan cara manual yaitu dengan cara pilih menu File kemudian pilih Open selanjutnya kalian bisa pilih gambar yang sudah kalian sediakan.


Langkah 2. Supaya backgroundnya sedikit gelap maka kalian bisa atur kontrasnya dengan cara pilih menu Image kemudian pilih Adjustments dan pilih Brightness/Contrast kemudian atur Brightnessnya hingga sedikit gelap. Setelah itu kalian bisa tambahkan gradient, supaya sisi backgroundnya terlihat lebih gelap kemudian klik OK. Tambahkan teks seperti gambar dibawah ini.

Langkah 3. Pilih Add a layer style yang letaknya dibawah pojok kanan, kemudian pilih Inner Glow. Kemudian atur Inner Glownya, dan saat pemilihan warna, kalian bisa copy kode warnanya supaya sama dengan warna pengaturan Outer Glow dan Drop Shadow. Bisa dilihat pengaturan Inner Glow pada gambar dibawah ini.

Langkah 4. Atur Outer Glow seperti pada gambar dibawah ini, dan ingat dalam pemilihan warna kalian bisa paste kode warna tadi yang sudah dicopy supaya warnanya sama.

Langkah 5. Pilih Drop Shadow kemudian dalam pemilihan warna kalian bisa paste lagi kode warna yang telah dicopy. Kemudian atur sesuai dengan gambar dibawah ini, jika pengaturannya sudah selesai kalian bisa pilih OK.

Langkah 6. Buat kabel supaya terlihat lebih realistic dengan menggunakan Pen Tool. Setelah itu pilih lagi Add a layer style yang letaknya dibawah pojok kanan, kemudian pilih Inner Glow kemudian atur warna gelap kabelnya supaya tidak terlihat plat, kemudian pilih Drop Shadow untuk bayangan kabelnya. Kemudian gabungkan kabel dengan background dengan cara Merge Layers.

Langkah 7. Untuk jumlah layernya saya gunakan 7 kali duplikat dengan layer asal menjadi 8 layer pada teks dan backgroundnya. Kalian bisa gunakan shortcut dengan menekan pada keyboard CTRL + J.

Langkah 8. Ubah satu persatu warna teksnya dengan klik effects pada layer dibawah teks. Kemudian Merge Layers teks dengan background secara berpasangan. Untuk pemilihan warnanya bebas terserah kalian yang penting dari 8 warna yang akan menjadi frame warnanya harus berbeda, karena nantinya layer tersebut akan diajadikan frame pada Timeline.


Langkah 9. Pilih menu Window kemudian pilih Timeline, setelah itu pilih menu yang iconnya bergaris 4 dipojok kanan Timeline, kemudian pilih Make Frames From Layers, selanjutnya kalian bisa klik play animation. Untuk pengaturan waktu delay itu terserah kalian. Semakin lama delaynya maka kedipan teks akan semakin lambat. Simpan animasi tersebut dengan cara pilih menu File kemudian Save for Web kemudian atur tipe filenya menjadi GIF, kemudian atur Looping Optionsnya menjadi Forever, selanjutnya klik Save.


Selamat mencoba !!
Apabila kalian masih merasa kurang puas mengenai penjelasan tutorial ini, kalian bisa tonton videonya di channel YouTube CISAREO DESIGN & SCIENCE

Terima kasih, semoga bermanfaat

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar