A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Harga Produk Desain Grafis Itu Murah

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah banyak orang mengekspresikan dirinya melalui dunia digital, salah satunya media sosial. Media sosial yang terlihat atraktif disokong dengan userinterface hasil dari para Desainer Grafis dan UX Desainer yang handal. Mungkin perkembangan desain grafis tersebut ditinjau dari para pengembang aplikasi itu sendiri. Akan tetapi sebagai user media sosial seolah belum lengkap jika kita buat postingan hanya sekedar teks saja, perlunya efek tertentu pada sebuah foto ataupun clip art merupakan hasil produkan desain grafis yang dipersentasikan kedalam motion effect ataupun effect biasa yang tersedia dimedia sosial. Bahkan untuk keperluan periklanan saat ini bukan perkara yang sulit, banyaknya free template yang tersedia diberbagai web ataupun penyedia aplikasi tentunya memberi kemudahan bagi semua orang untuk berikalan atau hanya sekedar memvisualisasikan secara personal ke media sosial.

Kemudahan mendesain dari hasil download template orang lain yang tersedia di web ataupun aplikasi penyedia template tentunya selain memberikan benefit para penikmat template gratisan akan berdampak pula pada tingkat harga hasil desain grafis, yang seolah – olah desain grafis itu mudah dan murah karena mungkin hasilnya sudah terlihat lumrah dimata customer. Menurut pendapat Saya pribadi, memang karya desain grafis itu murah. Buktinya jika kalian mencetak banner, brosur, logo kemasan dipercetakan harganya cukup murah jika sebelumnya kita tidak custom desain sendiri yang totalitas mengandalkan layout desainnya dari percetakian itu sendiri. Mengapa harga desainnya murah karena kemungkinan layout tidak orsinil dibuat sendiri melainkan memanfaatkan template gratisan di web penyedia template, salah satu web paling terkenal penyedia template gratisan yaitu Freepik dan Envato meski tersedia template premium yang berbayar dan yang terakhir penyedia template sejuta umat yaitu canva yang bisa digunakan secara gratis ataupun premium di android maupun web. Mungkin kasus penggunaan template secara gratis dilakukan oleh beberapa korporasi atapun desainer secara pribadi, dan mayoritas template gratis itu digunakan oleh customer yang selalu membutuhkan desain tanpa harus menyewa jasa desainer grafis.

Penggunaan template gratis memang sah – sah saja digunakan selama pihak penyedia template mengizinkan untuk digunakan untuk keperluan personal ataupun komersil tapi jika kalian berminat membuat logo untuk brand sebuah usaha jangka panjang, saran saya pribadi jangan memakai instan logo yang siap dimodifikasi namanya  untuk dijadikan logo usaha kita dalam jangka panjang, lebih baik gunakan jasa desainer yang sekiranya professional meski relatif mahal. Kita perlu menjadikan pelajaran seperti kasus logo Geprek Bensu, yang mungkin logonya nyomot dari web asset grafis gratisan yang kemudian terjadi gugatan.

Dan bagaimana menurut kalian yang saat ini sedang menggeluti usahanya dibidang desain grafis, apakah mau menyerah untuk menekuni usaha jasa desain grafis?. Mengenai harga mahal atau murah merupakan ukuran relatif meski nilai nominal rupiah eksak wkwk😊, ya tentunya apapun bidang usaha kita jalani yang sepintas terlihat murah, jika kita jalani dengan sungguh – sungguh maka hasilnyapun  akan berbading lurus dengan benefitnya.

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar