A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Makna Warna dari Penyusun RGB dan CMYK


Jika kalian amati banyak produk fast food yang packagingnya menggunakan warna merah, orange dan kuning. Tentunya pemilihan warna tersebut memiliki makna, baik itu dari sudut psikologis ataupun etetika. Mungkin jika berbicara tentang selara banyak sudut padang orang untuk menjadikan kriterianya, baik dari segi tampilan ataupun dari segi rasa, dan umumnya orang akan milihat tampilan terlebih dahulu and jika kalian pernah denger kata - kata "Jangang pernah lihat seseorang dari penampilannya" mungkin kata - kata tersebut hanya sekedar kata - kata bijak yang memang secara realita memaksimalkan visual sangatlah penting. Dalam dunia desain grafis sendiri penggunaan elemen warna pada sebuah desain harus diperhatikan baik penggunaan warna secara tunggal ataupun kombinasi warna. Meskipun desain grafis erat kaitannya dengan seni gambar yang idenya unlimited yang penting mengandung nilai estetika, akan tetapi perlu adanya studi warna untuk meningkatkan selara customer sesuai dengan produk yang sedang kita jual. Akan tetapi di tulisan singkat ini, Saya hanya akan memaparkan warna RGB dan CMYK yang merupakan pembentuk seluruh warana jika terjadi kombinasi.
Warna yang tesusun dari RGB lebih cocok untuk online appearance atau gambar digital. Adapun makna dari warna RGB ini yaitu :
MERAH : Warna merah erat kaitannya dengan makna Menikmati, warna merah juga memicu nafsu makan dan sangat cocok sekali diaplikasikan untuk desain makanan.
HIJAU : Warna hijau identik dengan warna natural karena mungkin bisa dikatkan juga sebagai warna organik. Biasanya warna hijau identik dengan kesehatan dan kesejahtraan dalam hal makanan.
BIRU : Warna biru identik dengan bersih dan kepercayaan. Kurang cocok dimplementasikan pada kemasan makanan ataupun penambahan pewarna untuk makanan. Jika kalian pernah melihat anggur warna biru hampir mendekati warna ungu, mungkin jika dikaitkan dengan maknanya akan berlawanan, yang memiliki makna penolak selera makan, padahal itu makanan alami tanpa proses pengolahan yang tentunya tidak memberikan efek mengurangi selera untuk dimakan. Dan kalian bisa amati bahwa anggur tersebut tidak berwarna biru full bernilai 225😄
Warna yang tesusun dari CMYK lebih cocok untuk print atau media cetak. Adapun makna dari warna CMYK ini yaitu :
CYAN : Warna cyan identik dengan kepercyaan dan lembut. Terkadang masyrakat mengeneralisasikan bahwa warna cyan adalah warna biru atau hijau, hal ini mungkin sebuah kekeliruan karena cyan terletak diantara warna hijau dan biru. Warna cyan biasaya cocok untuk gradasi Landing Page pada website.
MAGENTA : Warna magenta identik dengan keseimbangan fisik, mental, spritual dan emosional. Magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu.
KUNING : Warna kuning dianggap sebagai warna paling membahagiakan dan digunakan secara luas dalam berbagai produk makanan. Akan tetapi terkadang masih banyak pula spekulasi adanya ketidaksepakatan untuk produk makanan.
HITAM : Warna hitam atau key CMYK, merupakan warna utama dari CMYK. Warna hitam identik dengan keanggunan, elegan dan misterius. Biasanya warna hitam lebih dominan digunakan untuk kemasan barang.
Pemaparan tentang karakter warna tersebut mungkin hanya secara garis besarnya karena warna tersbut sering sekali kita lihat pada saat setting desain ataupun edit gambar.

Thanks, semoga bermanfaat
Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar