A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Adaptasi Desainer Grafis di Era IT yang Semakin Pesat

Aplikasi atau software dan web penyedia instan desain grafis sudah banyak sekali seiring dengan perkembangan teknologi informasi (IT), dengan begitu akan lebih memudahkan pengguna, terutama mayrakat yang tidak memiliki keahlian desain grafis. Apakah dengan lahirnya aplikasi dan web penyedia instan desain grafis akan meredupkan jasa Desainer Grafis ? jawaban Saya secara pribadi, mungkin tidak akan redup akan tetapi akan tetapi harus bisa beradaptasi untuk berkolaborasi dengan aplikasi dan web penyedia instan desain grafis. Justru akan menjadi peluang kita, yang dimana aplikasi dan penyedia web tersebut bisa dijadikan wadah kita sebagai contributor, misalnya seperti web microstoct ataupun media digital lainnya. Adapun aplikasi atau web yang bisa kita jadikan wadah untuk menjual produk desain kita, yang cukup populer misalnya Fiver, Shutterstoct, Envato dan masih banyak lagi. Tentunya dengan semakin berkembangnya teknologi informasi akan lebih memudahkan kita, baik dari segi waktu, biaya dan tempat.

Meski pada dasarnya semua software dan web dibangun menggunakan bahasa pemerograman, akan tetapi dalam pembuatan sofware dan web tersebut harus memperhatikan nilai estetika pada front end software dan web itu sendiri. Nilai etetika pada front end pada software atau web itu sendiri akan menjadi lebih unik dan tidak monoton jika ide tersebut berkolaborasi dengan Desainer Grafis, meski sudah ada secara cabang sepesfik untuk bidang pengembangan software dan web dalam hal interface yaitu tugasnya UX Designer, akan tetapi tidak ada salahnya kita melakukan terobosan baru perlu adanya kemampuan tambahan untuk seorang Desainer Grafis yaitu tentang pemahaman minimal tentang HTML dan CSS supaya bisa beradaptasi dengan teknologi informasi itu sendiri meski pada dasarnya kita secara murni tidak berniat untuk terjun menjadi UX Designer.

Selain itu dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, konsumsi video secara online semakin meningkat misalnya konsumsi masyarakat terhadap video di platform Youtube dan media sosial lainnya, tentunya akan menjadi sebuah peluang untuk bisa mengekspresikan hasil desain grafis kita dengan perlunya tambahan pemahaman tentang motion grafhic atau video editing, dan saat ini software desain grafis sudah bisa dintegrasikan dengan software editing video, misalnya Adobe Photoshop dengan Adobe After Effect. Saya sendiri sih belum sampai ke motion graphic😊.

Jadi dapat dismpulkan bahwa dengan semakin pesatnya teknologi informasi atau IT itu bukan merupakan sebuah ancaman akan tetapi akan menjadi peluang jika kita bisa terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi.


Semoga bermanfaat, Thanks

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar