A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Fungsi Pathfinder di Adobe Ilustrator

Hai all, dimateri ini kita akan belajar basic Adobe Ilustrator yaitu bagaimana cara menggunakan Pathfinder. Pathfinder sangat berguna untuk menyatukan, memotong dan sebagainya pada dua objek atau lebih. Dalam Pathfinder sendiri ada beberapa jenis fitur yang memiliki kegunaan yang berbeda. Oke Langsung saja kita praktekan masing - masing fitur yang ada di Pathfinder. Untuk memunculkan Pathfindernya kalian bisa tekan SHIFT + CTRL + F9 atau bisa pergi ke menu Window kemudian pilih Pathfinder.

Unite : Berfungsi untuk menggabungkan dua objek atau lebih, yaitu dengan cara seleksi kedua objek yang ingin digabungkan, kemudian pilih Unite.


Minus Front : Berfungsi untuk memotong dua objek atau lebih yang dimana objek diatas sebagai pemotong, yaitu dengan cara seleksi kedua objek yang ingin dipotong, kemudian pilih Minus Front.

Intersect : Berfungsi untuk membuat objek baru pada bagian yang saling menyatu, yaitu dengan cara seleksi kedua objek kemudian pilih Intersect.

Exclude : Berfungsi untuk mendistorsi pada bagian tengah yang saling menyatu atau menghilangkan bagian yang saling menyatu, yaitu dengan cara seleksi kedua objek, kemudian pilih Exclude.

Divide : Berfungsi untuk membelah objek menjadi 3 bagian, yaitu dengan cara seleksi kedua objek, kemudian pilih Divide.
Jika objeknya di Ungroup sesudah hasil Divide, maka bisa dipisahkan seperti gambar dibawah ini.

Trim : Berfungsi untuk memotong objek pada bagian yang menyatu, yang dimana objek diatas sebagai pemotong, yaitu dengan cara seleksi kedua objek, kemudian pilih Trim.
Jika objeknya di Ungroup sesudah hasil Trim, maka bisa dipisahkan seperti gambar dibawah ini.

Merge : Fungsi Merge hampir sama dengan Trim jika di Ungroup akan terpisah terpotong seperti gambar dibawah dan memiliki kesamaan juga dengan Unite, yang membedakan Unite dengan Merge yaitu pada saat menggunakan Unite objek akan membuat compound shape, sedangkan tidak berlaku untuk Merge. Kalian bisa menggunakan Merge dengan cara seleksi kedua objek, kemudian pilih Merge.
Jika objeknya di Ungroup sesudah hasil Merge, maka bisa dipisahkan seperti gambar dibawah ini.

Crop : Fungsi Crop hampir sama dengan Intersect yaitu memotong objek yang menyatu, hal yang membedakannya yaitu Intersect membuat compound shape sedangkan Crop tidak. Cara memotong objek menggunakan Crop yaitu dengan cara, seleksi kedua objek, kemudian pilih Crop.

Outline : Berfungsi untuk membuat kedua objek menjadi objek garis tepi. Bisa dilihat seperti gambar dibawah ini. Cara menggunakannya yaitu seleksi kedua objek kemudian pilih Outline.

Minus Back : Fungsi Minus Back hampir sama dengan fungsi Minus Front yaitu untuk memotong objek akan tetapi pada Minus Back objek yang atas adalah objek yang terpotong sedangkan pada Minus Front, objek yang diatas sebagai pemotong. Cara memotong objek menggunakan Minus Back yaitu dengan cara seleksi kedua objek, kemudian pilih Minus Back.

Oke pembahasan poin - poin diatas murupakan fitur yang ada pada Pathfinder Adobe Ilustrator dan Saya jelaskan dengan seringkas mungkin dan gambar yang detail supaya mudah dipahami.

Selamat mencoba😊

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.
Thanks, semoga bermanfaat













Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar