Cara Membuat Efek Lipatan di Adobe Ilustrator

Andi Jalaludin


Hai guys, di materi tutorial kali ini kita belajar bagaimana cara membuat efek lipatan di Adobe Ilustrator. Sebenarnya mengenai tutorial membuat efek lipatan sudah banyak sekali dan bisa dibilang juga masih tingkat dasar. Oke langsung saja kalian buka Adobe Ilustratornya, setelah itu, bisa ikuti langkah - langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buat dua buah lingkaran seperti gambar dibawah ini, dengan cara pilih Elipse Tool, yang pertama buat lingkaran yang lebih besarnya terlebih dahulu, untuk lingkaran didalamnya kalian bisa copy lingkarannya besarnya dengan cara CTRL + C kemudian CTRL + F. Setelah itu perkecil lingkarannya menggunakan mouse sambil tekan SHIFT + ALT.


Langkah 2 : Lingkaran luar nya kasih warna tanpa outline dan lingkaran dalalamnya sementara jangan dulu dikasih warna hanya outlinenya saja. Untuk pemilihan warnanya bebas ya, terserah selera kalian.

Langkah 3 : Belah lingkaran yang paling besarnya untuk membuat efek lipatannya dengan cara pilih buat garis lurus bisa menggunakan Pen Tool ataupun Line Segment Tool. Setelah itu seleksi lingkaran yang lebih besarnnya, kemudian pilih Pathfinder dan pilih Divide. Setelah proses Divide selesai kemudian Ungroup dan lingkaran yang terpotong kecilnya kasih warna yang berbeda sementara supaya tidak sama dengan potongan yg besaranya, misalnya disini kuning dan posisikan diatas.

Langkah 4 : Lingkaran yang terpotong  kecil posisinya dibalik menggunakan Transform dengan cara klik kanan kemudian pilih Transform dan pilih Reflect. Kemudian kalian bisa pilih yang Vertikal.

Langkah 5 : Pergi lagi ke Transform dengan cara klik kanan kemudian pilih Transform dan pilih Reflect. Kemudian kalian bisa pilih yang Horizontal.

Langkah 6 : Rapihkan hasil Transformnya supaya pas ujung potongann kecilnya pas dengan ujung potongan yang besarnya.
Before
After
Langkah 7 : Keataskan lingkaran yang lebih kecilnya dengan menggunakan klik kanan, pilih Arrange kemudian pilih Bring to Front. Setelah itu potong lingkaran kecil didalamnya menyesuaikan posisi lipatan. Dengan cara pilih buat garis lurus bisa menggunakan Pen Tool ataupun Line Segment Tool. Setelah itu seleksi lingkaran yang lebih kecilnya, kemudian pilih Pathfinder dan pilih Divide, kemudian buang potongan kecilnya dengan cara Ungroup terlebih dahulu kemudian bagian potongan kecilnya delete.

Langkah 8 : Lipatannya kasih warna gradient kolaborasi hitam, putih, dan abu - abu, kemudian atur seperti gambar dibawah ini.

Langkah 9 : Lingkaran didalamnya kasih warna gradient kolaborasi hitam dan putih, Warna hitamnya ganti dengan warna objek asalnya dengan sedikit mengurangi opacitynya. Saat mengatur warna gradient, kalian bisa pilih terlebih dahulu Eyedropper Tool terlebih dahulu sambil tekan SHIFT + CAPS LOCK untuk atur warna gradient jika sample warnanya ingin diambil dari warna dasar.

Langkah 10 : Kasih sedikit shadhow pada bagian lipatannya dengan cara seleksi lipatannya kemudian pilih menu Effect setelah itu pilih Stylize kemudian pilih Drop Shadow.

Langkah 11 : Merupakan langkah opsional ya, terserah kalian mau dikasih tulisan apa aja pada objek lipatannya. Disini Saya memberikan tulisan 5% dengan warna gold pada warna dalam dan linenya.

Langkah 12 : Untuk merapihkan hasil shadownya, pertama group semua objek, kemudian buat lingkaran utuh yang sama diameternya dengan objek lipatan yang sudah selesai, setelah itu klik kanan kemudian pilih Make Clipping Mask.

Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Selamat mencoba😊


Thanks, semoga bermanfaat












Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar