Cara Menyederhanakan Bilangan Bentuk Pecahan

Andi Jalaludin

Bilangan bentuk pecahan mungkin terdengar merupakan pelajaran dasar yang memang terkadang jika dihitung menggunakan jari agak sedikit ribet. Nah di sesi kali ini kita akan belajar menyederhanakan bentuk pecahan dan kita akan jawab contoh soal di atas.










Jadi cara menyederhanakanya yaitu dengan cara membagi dengan angka 4 pembilang dan penyebutnya. Pembilang yaitu angka 8 dibagi 4 hasilnya 2 dan penyebut yaitu angka 12 dibagi 4 hasilnya 3. Jadi dapat disimpulkan bahwa angka 8 dan 12 bisa habis dibagi 4.












Jadi cara menyederhanakanya yaitu dengan cara membagi dengan angka 6 pembilang dan penyebutnya. Pembilang yaitu angka 6 dibagi 6 hasilnya 1 dan penyebut yaitu angka 18 dibagi 6 hasilnya 3. Jadi dapat disimpulkan bahwa angka 6 dan 18 bisa habis dibagi 6.











Jadi cara menyederhanakanya yaitu dengan cara membagi dengan angka 3 pembilang dan penyebutnya. Pembilang yaitu angka 9 dibagi 3 hasilnya 3 dan penyebut yaitu angka 3 dibagi 3 hasilnya 1. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasilnya tidak dalam bentuk pecahan alias hasilnya dalam bentuk bilangan bulat positif yaitu 3.

Nah mudah sekali ya temen - temen cara menyederhanakan bilangan bentuk pecahan😊

Thanks, semoga bermanfaat
Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar