A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membuat Timeline di Adobe Ilustrator

Timeline akan mempercantik sebuah desain pada brosur, majalah ataupun presentasi pada Power Point dan masih banyak lagi kegunaannya. Selain memberikan manfaat estetika. Timeline juga meminimalisir penggunaan teks namun sangat komunikatif, dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat Desain Timeline di Adobe Ilustrator. Oke langsung saja ikuti langkah - langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buka software Adobe Ilustrtornya, kemudian pilih New. Disini Saya menggunakan Adobe Ilustrator CC 2017, dan jika kalian menggunakan versi Adobe Ilustrator yang berbeda jangan khawatir karena pada dasarnya tampilannya tidak jauh berbeda baik dengan versi CS ataupun dengan versi CC ke atas.

Langkah 2 : Disini Saya menggunakan artboardnya 20x10 cm, dan ukuranya terserah kalian bebas, kemudian pilih Create.

Langkah 3 : Buat background menggunakan Ractangle Tool sesuai dengan ukuran Artboard. Disini Saya buat persegi panjang berukuran 20x10 cm sesuai dengan ukuran Artboard. Selanjutnya background tersebut Lock supaya tidak bergeser.

Langkah 4 : Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool dengan warna gradasi seperti gambar dibawah ini.

Langkah 5 : Duplikat lingkarannya seperti gambar dibawah ini dan lingkaran yang paling kecil yang memiliki line seperti gambar dibawah ini.

Langkah 6 : Seleksi semua lingkarannya, setelah itu klik kanan kemudian pilih Group.

Langkah 7 : Duplikat lingkaran yang telah digroup menjadi 4 lingkaran seperti gambar dibawah ini.

Langkah 8 : Setelah dilakukan duplikat, kemudian seleksi semua lingkarannya selanjutnya klik kanan kemudian pilih Ungroup.

Langkah 9 : Buat line, warnanya bebas disini Saya mengggunakan line warna hijau.

Langkah 10 : Seleksi line dan keempat lingkaran yang memiliki gradasi, kemudian gunakan Pathfinder dengan memilih Divide seperti gambar dibawah ini. Apabila Pathfindernya belum muncul di layar Adobe Ilustrator, kalian bisa pilih menu Window kemudian pilih Pathfinder.

Langkah 11 : Posisikan lingkaran yang lebih kecilnya berada diatas dengan cara seleksi lingkaran yang lebih kecilnya setelah itu klik kanan, kemudian pilih Arrange, selanjutnya pilih Bring to Front.

Langkah 12 : Seleksi lingkaran yang memiliki warna gradasi, kemudian klik kanan setelah itu pilih Ungroup.

Langkah 13 : Delete setengah lingkarannya hingga membentuk seperti gambar dibawah ini.

Langkah 14 : Buat lengkungan seperempat lingkaran untuk melengkapi bagian edge Timeline dengan menduplikat lingkaran secara terpisah. Tambahkan line sebagai pemotong, kemudian seleksi lingkaran beserta linenya kemudian gunakan Divide pada Pathfinder. Stelah itu Ungroup dan delete hingga membentuk setengah lingkaran.

Langkah 15 : Pasangkan pada kedua edge Timeline hingga membentuk sperti gambar diabawah ini.

Langkah 16 : Buat segitiga kecil untuk melengkapi bagian edge kemudian gabungkan menggunakan Unite pada Pathfinder seperti gambar dibawah ini.

Langkah 17 : Atur gradasinya, supaya terlihat menyatu warna garadasinya seperti gambar dibawah ini.

Langkah 18 : Duplikat sebanyak 2x dengan cara seleksi ketiga lingkaran tengahnya, setelah itu tekan pada keyboard CTRL + C kemudian CTRL + F. Posisikan lingkarannya seperti gambar dibawah ini setelah itu seleksi bersama lingkaran tengahnya yang tidak digeser kemudian pilih Divide pada Pathfinder.

Langkah 19 : Lakukan Ungroup pada lingkaran sudah didivide, kemudian delete lingkaran yang mengarah keluar lingkaran tengahnya seperti gambar dibawah ini.

Langkah 20 : Karena sebelumnya dilakukan duplikasi sebanyak 2x, otomatis lingkaran bagian tengahnya ada 3 lapisan, maka dari itu keataskan lingkaran yang paling bawahnya alias lingkaran yang tidak terpotongnya dengan mengubah lingkaran atasnya itu linenya saja. Selanjutnya  ubah warnanya dengan sedikit lebih cerah pada bagian atas lingkaran yang terpotong.

Langkah 21 : Tambahkan Flat Icon pada bagian tengah lingkarannya seperti gambar dibawah. Kalian bisa download sample Flat Iconnya dari Freepik.

Langkah 22 : Buat persegi dan persegi panjang kecil seperti gambar dibawah ini.

Langkah 23 : Gabungkan persegi dan persegi panjang kecil tersebut menggunakan Unite pada Pathfinder.

Langkah 24 : Duplikat persegi dan persegi panjang kecil yang sudah digabungkan dengan arah berlawanan, dengan cara seleksi objeknya setelah itu klik kanan, kemudian pilih Transform selanjutnya pilih Rotate dengan sudut 180 drajat, kalian juga bisa menggunakan Reflect. Selanjutnya posisikan seperti gambar dibawah ini.

Langkah 25 : Tambahkan text dengan posisi seperti gambar dibawah ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhanmu.

Selesai deh😊, cukup panjang ya temen - temen step by stepnya, akan tetapi penjelasan diatas adalah penjelasan sangat detail dan mudah - mudahan bisa dipahami.

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.

Thanks, semoga bermanfaat

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar