Cara Membuat Efek Bulu di Adobe Ilustrator dengan Mudah

Andi Jalaludin

Hai All, kembali lagi di materi pembelajaran Adobe Ilustrator, kali ini Saya akan membahas bagaimana cara membuat Efek Bulu. Oke tanpa banyak basa basi langsung saja kita masuk ke materi pembahasannya dan kalian bisa ikuti langkah - langkah berrikut ini.

Langkah 1 : Buka software Adobe Ilustratornya, kemudian pilih New. Disini Saya menggunakan Adobe Ilustrator CC 2017, dan jika kalian menggunakan versi Adobe Ilustrator yang berbeda jangan khawatir karena pada dasarnya tampilannya tidak jauh berbeda, baik dengan versi CS ataupun dengan versi CC ke atas.

Langkah 2 : Disini Saya menggunakan artboardnya 20x20 cm, dan ukuranya terserah kalian bebas, kemudian pilih Create.

Langkah 3 : Buat background menggunakan Ractangle Tool sesuai dengan ukuran Arboard. Disini Saya buat persegi warna kuning berukuran 20x20 cm sesuai dengan ukuran Artboardnya.

Langkah 4 : Siapkan sample warna, kalian bisa buat persegi kecil menggunakan Ractangle Tool dengan warna yang berbeda. Untuk warnanya sendiri itu bebas tergantung selera kalian, yang penting yang penting kedua persegi tersebut memiliki intensitas warna berbeda. Kalian bisa copy kode warna yang Saya gunakan ini #D0A9F5 dan #4A0889jika warnanya ingin sesuai dengan tutorial ini.

Langkah 5 : Buat huruf G menggunakan Type Tool dengan ukuran kurang lebih sekitar 540 pt. Kemudian atur huruf G tersebut menjadi linenya saja seperti gambar dibawah ini.

Langkah 6 : Seleksi huruf G, setelah itu pergi ke menu Object kemudian pilih Expand, selanjutnya klik OK.

Langkah 7 : Kita akan coba potong huruf G di bagian linenya supaya huruf G tersebut tidak membentuk G Bold. Kalian bisa pilih Scissors Tool kemudian arahkan ke huruf G.

Langkah 8 : Buat lingkaran kecil menggunakan Ellipse Tool dengan warna gradasi. Kemudian ubah warna gradasi dengan mengambil sample warna dari 2 persegi yang sudah dibuat, dengan cara seleksi objek lingkaran tersebut, setelah itu pergi ke menu Window kemudian pilih Gradient. Selanjutnya pilih Eyedropper Tool kemudian atur warna gradasinya sambil tekan SHIFT dengan arahkan Eyedropper Tool tersebut ke sample warna yang sudah dibuat, kemudian klik kiri.

Langkah 9 : Ubah warna gradasi dengan mengambil sample warna dari 2 persegi yang sudah dibuat, dengan cara seleksi objek lingkaran tersebut, setelah itu pergi ke menu Window kemudian pilih Gradient. Selanjutnya pilih Eyedropper Tool kemudian atur warna gradasinya sambil tekan SHIFT dengan arahkan Eyedropper Tool tersebut ke sample warna yang sudah dibuat, kemudian klik kiri.

Langkah 10 : Duplikat objek lingkaran tersebut dengan cara tekan CTR + C kemudian CTRL + F, kemudian sejajarkan posisi lingkarannya seperti gambar dibawah ini.

Langkah 11 : Seleksi kedua objek lingkaran tersebut, kemudian pergi ke menu Object setelah itu pilih Blend, selanjutnya kalian bisa pilih Blend Optios dan atur seperti gambar dibawah ini.

Langkah 12 : Pergi lagi ke menu Object kemudian pilih Blend setelah itu pilih Make.

Langkah 13 : Seleksi huruf  G, kemudian pergi ke menu Object setelah itu pilih Compound Path dan selanjutnya pilih Make.

Langkah 14 : Lakukan seperti langkah 12 akan tetapi terakhir pilih Release.

Langkah 15 : Seleksi huruf G dan 2 lingkaran tersebut, selanjutnya pergi ke menu Object setelah itu pilih Blend kemudian pilih Replace Spine.

Langkah 16 : Untuk memberikan efek bulu, kalian bisa seleksi objek huruf G tersebut, selanjutnya pergi ke menu Effect setelah itu pilih Disort & Transform kemudian pilih Roughen dan kalian bisa atur seperti gambar dibawah ini.

Langkah 17 : Double klik pada bagian objek huruf G kemudian atur lingkarannya dengan cara memutar dengan menggunakan mouse, supaya efek bulunya merata. Lakukan langkah ini sebanyak 2x pada lingkaran yang berbeda seperti gambar dibawah ini.

Sangat mudah bukan cara membuat Effect Bulu di Adobe Ilustrator?😊

Apabila kalian masih merasa kurang puas mengenai penjelasan tutorial ini, kalian bisa tonton videonya yang serupa membahas mengenai tutorial Cara Membuat Efek Bulu pada Adobe Ilustrator di channel YouTube CISAREO DESIGN & SCIENCE.




Thanks, semoga bermanfaat



Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar