A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membuat Label Kemasan di Adobe Ilustrator | Bahasa Indonesia

Label atau stiker kemasan makanan bukan hanya sekedar memberikan estetika pada kemasan produk akan tetapi dapat memberikan informasi mengenai keunggulan produk yang kita produksi hingga membuat customer lebih trust yang kemudian dapat meningkatkan volume penjualan. Jadi secara tidak langsung bahwa lebel kemasan produk merupakan presentasi visual kepada customer atau bisa sebagai brand. Jika kalian ingin buat lebel untuk keperluan produk sendiri ataupun untuk ngebranded produk orang lain menggunakan Adobe Ilustrator silahkan kalian bisa ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buka Adobe Ilustrator, disini Saya menggunakan Adobe Ilustrator CC 2017 dan tidak masalah jika kalian menggunakan dibawah atau diatas versi Adobe Ilustrator CC 2017. Ukuran label yang Saya buat yaitu 7 x 9 cm dan ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan produk kemasan yang kalian gunaka, selanjutnya klik Create.

Langkah 2 : Buat persegi panjang menggunakan Rectangle Tool dan ukurannya sama dengan artboard yaitu 7 x 9 cm dengan warana gradasi type Radial. Persegi panjang tersebut sebagai background label.

Langkah 3 : Buat objek lengkungan seperti gambar dibawah ini menggunakan Pen Tool dengan warna yang sesuai dengan produk yang kalian inginkan. Disini menggunakan warna hijau dengan kode warna #28A119.

Langkah 4 : Duplikat objek yang telah dibuat pada langkah 3, kemudian objek tersebut ubah ke outlinya saja, setelah itu potong menggunakan Scissors Tool, hal ini bertujauan untuk agar lengkungan berjarak sama dengan tepat antara lengkungan atas dan lengkungan bawah. Selanjutnya sambungkan menggunakan Pen Tool dan kemudian gunakan warna gradasi kuning dan hijau.

Langkah 5 : Buat lengkungan seperti gambar dibawah ini, dengan langkah buat objek menggunakan Pen Tool kemudian gunakan fitur Intersect pada Pathfinder supaya lengkung yang dibuat mengkuti lengkungan dasarnya. Jika belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Pathfinder silahkan lihat video torialnya disini.

Langkah 6 : Buat lagi lengkungan kecil pada ujung lengkungan besar dengan warna gradasi menggunakan Pen Tool, kemudian rapihkan dengan fitur Intersect pada Pathfinder. Selanjutnya atur warna gradasinya.

Langkah 7 : Buat persegi panjang menggunakan Rectangle Tool, kemudian lengkungkan menggunakan Add Anchor Point Tool hingga membentuk cekung.

Langkah 8 : Buat 2 buah lingkaran besar dan kecil pada bagian sisi bawah kiri label menggunakan Ellipse Tool.

Langkah 9 : Masukan gambar atau foto produk yang kalian punya, misalnya disini Saya masukan foto keripik bayam pada lingkaran kecil menggunakan Clipping Mask seperti gambar dibawah ini. Jika belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Clipping Mask silahkan lihat video torialnya disini. Kemudian tambahkan shadow pada lingkaran yang lebih besarnya dengan cara pergi ke menu Effect kemudian pilih Drop Shadow.

Langkah 10 : Tempatkan gambar atau foto bahan dasar produk dibagian tengah label. Disini Saya tempatkan gambar bayam yang sudah Saya download. Kemudian supaya tampilannya tidak terlihat plat, tambahkan shadow dengan cara seperti pada langkah 9.

Langkah 11 : Tambahkan informasi media sosial berserta iconnya serta icon halal. Untuk iconnya kalian bisa download di Google atau Yandex.

Langkah 12 : Buat persegi menggunakan Rectangle Tool seperti gambar dibawah ini kemudian lengkungkan menggunakan Add Anchor Point Tool.

Langkah 13 : Tambahkan text Menggunakan Type on a Path Tool dan tempatkan pada lengkungan yang sudah dibuat pada langkah 12.

Langkah 14 : Tambahkan text keterangan, misalnya disini Saya menambahkan text "Keripik Bayam" karena produknya itu keripik bayam menggunakan Type Tool.

Langkah 15 : Buat list menggunakan Rectangle Tool dan Symbol seperti gambar dibawah ini, kemudian tambahkan keterangan sejenis promosi baik menggulkan dari bahan baku atau produk yang sudah jadi.

Langkah 16 : Buat keterangan tambahan seperti gambar dibawah ini menggunakan Star Tool kemudian duplicate objeknya hingga menjadi 2, disini objek bintangnya ada dua yaitu warna merah dan hitam. Selanjutnya tambahkan text apa saja sesuai dengan produk kemasan, misalnya Saya menggunakan keterangan tambahan "Original".

Langkah 17 : Rapihkan hasil desain labelnya menggunakan Clipping Mask supaya tidak ada objek melebihi kententuan artboard atau keluar dari artboard. Caranya duplicate background atau buat persegi yang ukurannya sama dengan artboard, setelah itu group hasil desain labelnya dengan cara seleksi desain labelnya selanjutnya klik kanan kemudian pilih Group atau CTRL + G. Selanjutnya tempatkan persegi tersebut diatas desain label kemudian CTRL + A setelah itu klik kanan dan kemudian pilih Clipping Mask.

Selamat mencoba😊

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.


Thanks, semoga bermanfaat


Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar