Cara Menggunakan Perspective Grid Tool di Adobe Ilustrator

Andi Jalaludin

Perspektif sangat berguna untuk memudahkan proses pembuatan gambar atau sketsa 3D. Meski pada dasarnya pembuatan gambar 3D tanpa perspektif bisa dilakukan akan tetapi dengan adanya perspektif akan lebih memudahkan dalam proses pembuatan gambar 3D secara sistematis terutama bagi pemula hingga profesional. Adobe Ilustrator sendiri menyediakan fitur Perspective Grid Tool yang tentunya fungsinya sama dengan perspektif yang dibuat secara manual. Untuk mengetahui cara penggunaan Perspective Grid Tool di Adobe Ilustrator, silahkan kalian bisa ikuti langkah - langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buat artboart baru atau lembar kerja baru di Adobe Ilustrator dengan cara pilih menu File kemudian pilih New, atau bisa menggunakan shortcut CTRL+N. Selanjutnya pilih Perspective Grid Tool atau bisa tekan Shift+P.

Langkah 2 : Untuk membuat objek bisa ditempatkan sesuai posisi pada navigasi. Contoh dibawah ini objek yang Saya buat menggunakan Rectangle Tool berdasarkan posisinya.

A. Left Grid (Shortcut : tekan 1)

B. Right Grid (Shortcut : tekan 4)

C. Horizontal Grid (Shortcut : tekan 2)

Selanjutnya bisa buat sesuai dengan kebutuhan kalian pada saat mendesain.

Langkah 3 : Perspective Grid Tool juga bisa digunakan pada teks. Misalnya disni Saya mengetikan "INDONESIA" dengan menduplikat menjadi 3 objek teks. Setelah mengetikan teks, kemudian bisa pilih Perspective Selection Tool atau bisa tekan Shift+V. Selanjutnya drag teks sesuai dengan posisi pada navigasi menggunakan Perspective Selection Tool.

A. Left Grid (Shortcut : tekan 1) kemudian drag menggunakan Perspective Selection Tool.

B. Right Grid (Shortcut : tekan 4), kemudian drag menggunakan Perspective Selection Tool. Horizontal Grid (Shortcut : tekan 2) kemudian drag menggunakan Perspective Selection Tool. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Apabila kalian masih merasa kurang puas mengenai penjelasan tutorial ini, kalian bisa tonton videonya melalui channel YouTube CISAREO DESIGN & SCIENCE.




Thanks, semoga bermanfaat😊


Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar
8mp1ipka0p Pemosting Komentar
The warmth from the torch combined with a steady stream of oxygen quickly oxidizes the sheet steel and blows the weakened steel away. Cutting with an Oxy-hydrogen torch creates lots of warmth and sparks however can cut thick sheets of aluminum and transfer at a relatively Duvet Covers excessive pace. The torch doesn’t need any type of backing and is moveable, which makes it ideal for working in difficult to achieve spaces. However with the wrong noticed and wrong blade you will discover your self damaging both the workpiece and the software.