Tips Belajar Desain Grafis untuk Pemula

Andi Jalaludin

Tips Belajar Desain Grafis
Source : https://unsplash.com
Menjadi seorang desainer grafis tentunya gampang - gampang susah, apalagi kalian tidak memiliki latar belakang pendidikan dari Desain Komunikasi Visual (DKV) ataupun multimedia, nah tips berikut ini adalah cara menjadi seorang desainer grafis dari basic sampai mahir.

1. Pahami Dasarnya terlebih dahulu

Memahami dasarnya terlebih dahulu tentulah sangat penting terutama berkaitan dengan pemahaman dalam memilih warna, tipografi, symbol serta grid system. Selain itu pahami dasar - dasar kegunaan fitur dan tool yang ada di software desain grafis.

2. Sering Berlatih

Berlatih akan meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam mengerjakan projek desain yang ingin dikerjakan. Selain itu semakin sering berlatih dengan menyimpan file latihan tersebut akan meningkatkan selera desain yang lebih baik, hal ini dikarenakan adanya proses komparasi atau perbandingan antara latihan sebelumnya dengan lebih yang sedang dikerjakan dengan berbagai perbaikan hingga meningkatnya selera desain, baik dari segi pemilihan warna ataupun pembuatan layout.

3. Fokus pada Skill Bukan Memperhatikan Update Software Terbaru

Jangan terlalu sibuk update software desain grafis sementara skillmu telat diupdate hingga waktmu tersita karena sibuk update software. Bukan berarti update software desain grafis adalah hal yang tidak baik, hal ini berkaitan dengan keefektifan waktu dan adaptasi tata letak fitur dan penambahan tools pada software desain grafis. Umumnya di era sekarang desain grafis profesional lebih sering menggunakan software dari keluarga Adobe yatu Adobe Ilustrator dan Adobe Photoshop. Meski tata letak fitur dari Adobe yatu Adobe Ilustrator dan Adobe Photoshop dari mulai versi CS6 sampai ke versi CC 2021 tidak begitu signifikan akan tetapi penambahan fitur akan selalu membinggungkan bagi pemula hingga harus belajar lagi dari awal karena adaptasi dari update software tersebut. Jika dirasa sudah mahir baru bisa update softwarenya ke versi yang diinginkan.

4. Sistem ATM

Jika kalian seorang pemula sah - sah saja untuk menyontek desain orang lain untuk keperluan latihan , hingga tingkat lanjut kalian bisa gunakan sistem ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) hingga bisa disebarkan baik melalui media online maupun cetak untuk keperluan komersil atapun hanya sekedar menyalurkan hobi.

5. Minta Kritik dan Saran

Dalam berlatih desain grafis meminta kritik dan saran kepada teman ataupun orang lain sangatlah penting, hal ini berkaitan dengan penilaian untuk perbaikan kedepannya dari hasil desain yang sudah kalian kerjakan. Dengan meminta kritik dan saran kita tidak overconfident atau kepedean bahwa hasil desain kita bagus atas penilaian diri sendiri namun bisa dinilai bagus oleh banyak orang.
 

6. Healing

Adakalanya kita merasakan jenuh setelah melakukan rutinitas berlatih hingga inspirasipun stuck. Maka liburan atau jalan - jalan ke tempat favorit kalian solusinya untuk merefresh otak serta menambah dan mendapatkan ide untuk selanjutnya berlatih lagi.

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar