Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat dengan Mudah dan Cepat

Andi Jalaludin
Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

Menghitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat sebenarnya sangatlah mudah, akan tetapi kalian harus memahami konsepnya terlebih dahulu, akan tetapi apabila kalian ingin lebih memahami dasarnya apa itu bilangan bulat maka kalian bisa pahami Pengertian Bilangan Bulat.
Memahami perkalian dan pembagian bilangan bulat dasar sangatlah penting, agar nanti kedepannya kalian bisa mudah dan memahami soal - soal matematika tingkat lanjut lainnya ataupun bisa diaplikasikan untuk kehidupan sehari - hari.


A. Cara Menghitung Perkalian Bilangan Bulat

Sebelum masuk ke contoh soalnya silahkan kalian bisa ingat atau pahami konsep perkalian dibawah ini


Perkalian
Positif (+) x Positif (+) = Positif (+)

Negatif (-) x Negatif (-) = Positif (+)

Positif (+) x Negatif (-) = Negatif (-)

Negatif (-) x Positif (+) = Negatif (-)

Contoh Soal :

a. 3 x 4 = 12

Hasilnya bernilai positif yaitu 12, kerana perkalian antara positif 3 dengan positif 4 maka hasilya positif juga yaitu 12.


b. (-5) x (-6) = 30

Hasilnya bernilai positif karena kedua bilangan yang dikalikan sama - sama bernilai negatif maka hasil perkalian antara negatif 5 dengan negatif 6 hasilnya positif 30.


c. 7 x (-2) = -14

Hasilnya bernilai negatif karena ada satu bilangan yang bernilai negatif yaitu 2, karena positif (+) dikali negatif (-) hasilnya negatif, maka 7 dikali -2 hasilnya negatif pula yaitu -14.


d. (-9) x 3 = -27

Hasilnya bernilai negatif, karena ada satu bilangan yang bernilai negatif yaitu 9, karena negatif (-) dikali positif (+) hasilnya negatif, maka -9 dikali 3 hasilnya negatif, yaitu -27.


B. Cara Menghitung Pembagian Bilangan Bulat

Sebelum lanjut ke contoh soalnya, silahkan kalian bisa pahami dan ingat konsep pembagian dibawah ini.


Pembagian
Positif (+) : Positif (+) = Positif (+)

Negatif (-) : Negatif (-) = Positif (+)

Positif (+) : Negatif (-) = Negatif (-)

Negatif (-) : Positif (+) = Negatif (-)

Contoh Soal :

a. 6 : 3 = 2

Hasilnya bernilai positif, karena dua bilangan yang dibagi bernilai positif yaitu positif 6 dibagi dengan positif 3, maka hasilnya positif  2.


b. (-16) : (-2) = 8

Hasilnya bernilai positif, karena dua bilangan yang dibagi bernilai negatif, sehingga negatif dibagi negatif akan habis hingga bernilai positif, sehingga sisa tingga 16 dibagi 2 sama dengan positif 8.


c. (-30) : 6 = -5

Hasilnya bernilai negatif, karena ada salah satu bilangan yang bernilai negatif yaitu -30. Konsepnya negatif dibagi positif hasilnya negatif, maka hasil dari -30 dibagi positif 6 yaitu -5.


d. 18 : (-3) = -6

Hasilnya bernilai negatif, karena ada salah satu bilangan yang bernilai negatif yaitu -3. Seperti konsep diatas positif dibagi negatif hasilnya negatif, maka hasil dari positif 18 dibagi -3 yaitu -6.




Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar