Cara Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat dengan Mudah dan Cepat

Andi Jalaludin
Cara Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat dengan Mudah

Menghitung pengurangan bilangan bulat umumnya bisa menggunakan alat bantu berupa garis bilangan ataupun tanpa alat bantu hanya sekedar dengan menganalogikan. Sebelum masuk ke pembahasannya maka harus terlebih dahulu memahami Pengertian Bilangan Bulat serta Penjumlahan Bilangan Bulat.
Apabila sudah mengerti apa itu bilangan bulat, mari kita lanjutan cara mengghitung bilangan bulat dengan cara berikut ini.

A. Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan


a. 4 - (-2) = 6
     4 + 2 = 6
Cara Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat dengan Mudah






b. (-8)-3 = -11
Cara Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat dengan Mudah





c. (-4) - (-3)= -1
     (-4) + 3 = -1
Cara Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat dengan Mudah





B. Menghitung Pengurangan Bilangan Bulat tanpa Alat Bantu


a. 60 - (-40)= 100
     60 + 40 = 100

Mengapa hasilnya bisa 100, karena 60 yang bernilai positif dikurangi dengan negatif 40 maka tanda pengurangan tersebut dapat berubah menjadi penjumlahan, sehingga negatif (-) dikali dengan negatif (-) maka tandanya berubah menjadi positif. Untuk memahami konsep hasil dari perkalian negatif dengan negatif silahkan lihat Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat. Ataupun bisa dianalogikan angka yang bernilai plus (+) kita anggap sebagai pembayaran, sementara angka yang bernilai negatif (-) sebagai hutang. Punya 60 kemudian hutangnya terkurangi 40, otomatis berjumlah 100 tanpa hutang, karena tanpa hutang maka bernilai positif yaitu 100.


b. (-50)- 30= -80

Misalnya punya hutang 50 terus ngutang lagi 30 otomatis jumlah total hutang 80, maka hutang anggap dengan bilangan bernilai negatif yaitu -80.


c. (-45)- (-5) = -40
     (-45)+5 = 40

Jika punya hutang 45 kemudian hutangnya terkurangi maka hutangnya tinggal 40, karena hutang maka tandanya negatif maka hasilnya -40.








Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar