6 Tips Mencegah Kejahatan Siber di Facebook

Andi Jalaludin
6 Tips Mencegah Kejahatan Siber di Facebook

Kejahatan dunia maya sudah sangat sering terjadi terutama para pengguna media sosial, facebook adalah sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan dunia maya karena saat ini facebook sudah memiliki 2, 9 miliyar pengguna dari berbagai kalangan. Akun palsu yang bertebaran dimedia sosial terutama jejaring facebook sangatlah berbahaya bagi orang yang mudah percaya atau tergiur dengan hal - hal yang menjadi ketertarikannya, misalnya foto profil facebook yang menampilkan foto - foto rupawan yang menjebak dikalangan pengguna facebook.

Saya sering membaca dan mendengar kasus - kasus penipuan yang terjadi di facebook misalnya penipuan uang dengan ancaman penyebaran foto yang tidak senonoh oleh para oknum dunia maya hingga dampaknya pada psikologi si korban bisa sampai depresi. Saya pernah membaca dari situs kompasiana bahwa pernah terjadi kasus pemerasan seorang TKW asal Indonesia yang bekerja di Arab oleh seorang laki - laki yang mengaku duda beranak 1 yang menjalin hub lewat facebook, yang awalnya kenalan terus lama - lama semakin intim dan untuk kelanjutannya ceritanya silahkan kalian cari sendiri di situs kompasiana.com hehe. Disini Saya hanya ingin kasih tips bagi para pengguna media sosial terutama facebook agar terhindar dari kejahatan dunia maya.


Tips Mencegah Kejahatan Siber di Facebook


1. Jangan pernah klik sembarangan link di facebook.

Klik link sembarangan di facebook sangatlah beresiko, yang terkadang resiko itu sendiri belum bisa kita lihat misalnya pencurian data - data lewat link phising yang bertujuan untuk mangambil data - data pribadi kita. Saya pernah melihat sebuah sistem yang dimana sistem tersebut menurut saya terlalu jahat yang tidak bisa sayang sebutkan sistemnya, disaat kita klik atau ada sebuah notifikasi berupa pengizinan akses perangkat maka disitulah data- data kita tersedot semua ke server si pembuat sistem itu sendiri. Biasanya link tersebut berupa link ajakan seperti "Klik link tersebut maka tulisan tersebut akan bergerak", nah itu adalah salah satu contohnya. Bahkan penyebaran link berbau pornografi atau cewe cantik sering disebarluaskan oleh penjahat dunia maya di inbox ataupun dibranda kita, mending link tersebut hanya sebuah shortener bisnis abu - abu untuk mendapatkan cpm dari sebuah situs, tapi bagaimana klo link itu adalah link phising ? sangatlah berbahaya bukan ?.

2. Jika menggunakan Facebook versi web hendaklah teliti.

Sebelum memasukan alamat email atau nomor hp dan password, hedaklah teliti alamat webnya kerena terkadang penjahat dunia maya sering membuat fake login untuk mencuri data informasi kita. Ketika kita terjebak memasukan email dan password ke halaman fake login facebook maka otomatis email dan password kita masuk ke database si pembuat link tersebut hingga terjadi doksing alias penyebarluaskan informasi kita secara publik yang harusnya diprivasikan. link facebook yang benar https://www.facebook.com/, selain link itu brarti fake login meski tampilan atau user interfacenya sama.

3. Jangan terlalu banyak berteman dengan akun palsu.

Jika akun kalian facebooknya bukan ditunjukan untuk akun bisnis, hendalah seleksi dalam mengkonfirmasi atau add teman di facebook. Tentunya cukup ribet menyeleksi satu persatu akun facebook yang berteman sama kita, namun kalian bisa meminimalisirnya dengan tidak mudah menkonfirmasi pertemanan dengan akun fake alias akun palsu. Kalian bisa mengenali ciri akun palsu facebook yaitu biasanya foto profilnya tidak realistis alias foto rupawan banget, akunnya baru dibuat atau berumur muda dan cara mengetahui foto tersebut kalian bisa gunakan yandex, bing atau google untuk memindai wajah fake atau tidaknya foto akun tersebut karena terkadang search enggine menghubungkan foto tersebut ke link jejaring si pemilik asli media sosial tersebut.

4. Jangan Upload Dokumen Penting di Facebook.

Jangan mudah upload dokumen penting yang berisi indentitas kita dan orang terdekat misalnya KTP, KK dll. Identitas penting seperti KTP rentan disalahgunakan misalnya untuk pinjol dan kredit atas nama kita oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Gunakan Verifikasi 2 langkah.

Untuk mencegah penggunaan akun kita oleh orang lain, tentunya kita gunakan verifikasi 2 langkah supaya pada saat orang yang mencoba ingin masuk ke akun facebook dan sudah terlanjur mengetahui password kita maka akan ada notifikasi mengenai perizinan akses ke akun hp kita, jika tidak sesuai dengan perangkat kita atau perangkat mencurigakan kalian bisa mengabaikan atau menolaknya akses izin perangkat lain yang mencoba mengakses akun kita.

6. Matikan Lokasi Hp jika tidak sedang digunakan.

Pada dasarnya facebook dan google bisa mengakses lokasi kita meski kita tidak menyalakan lokasi dihp, akan tetapi facebook tidak mempublikasikannya. Dengan mematikan lokasi di hp ataupun diaplikasi facebook tentunya meminimalisir kejahatan dunia nyata yang melalui akses dunia maya untuk proses indenfikasi korban oleh orang yang berniat jahat yang dikhawatiran mempermudah dibuntuti oleh orang - orang yang berniat jahat.

Bukannya mengajarkan untuk jadi paranoid, tapi mencegah adalah lebih baik daripada mengatasi kejahatan dunia maya yang efeknya dirasakan secara nyata. Itulah 3 tips yang bisa saya share untuk mencegah kejahatan di dunia maya terutama di jejaring sosial media facebook, semoga bermanfaat.

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar