Dampak Kehadiran Aplikasi Canva untuk Pelaku Usaha dan Desainer Grafis

Apa Fungsi Aplikasi Canva ?

Aplikasi Canva pada dasarnya merupakan alat untuk desain grafis untuk media sosial, presentasi, ecommerce ataupun desain visual lainnya. Canva saat ini menjadi populer dikarenakan banyak sekali menyediakan aset untuk kebutuhan orang yang tidak berpengalaman desain grafis sekaligus untuk orang yang berpengalaman desain grafis. Orang - orang yang tidak pengalaman di dunia desain grafis tentunya sangat di untungkan dengan kehadiran Canva yang begitu mudah mendesain di smartphone dan hasil editannya/desainnya cukup memuaskan, sementara orang yang berpengalaman desain grafis biasanya memanfaatkan Canva lebih kepada ketersediaan motion graphic yang cukup membantu untuk kepentingan postingan media sosial baik untuk pribadi ataupun untuk perusahaan yang memperbolehkan penggunaan aplikasi Canva untuk kebutuhan desainnya. Canva menghadirkan versi gratis dengan penggunaan aset yang terbatas dan versi premium dengan penggunaan aset keseluruhan template yang tersedia di Canva, selain itu Canva bisa di akses untuk mengedit melalui situsnya sehingga sangat nyaman digunakan untuk pengguna PC.

Dampak Kehadiran Aplikasi Canva untuk Pelaku Usaha dan Desainer Grafis

  1. Mempermudah dan membantu membuat desain dan motion grafis untuk postingan media sosial jika terjadi deadline.
  2. Posisi pekerjaan Desainer Grafis terkadang dianggap murah dan mudah oleh sebagian orang sudah terbiasa menggunakan aplikasi instan desain grafis.
  3. Tidak layak digunakan untuk keperluan branding jangka panjang, hal ini dikarenakan takutnya ada gugatan dari pemilik template tersebut jika brand tersebut sudah besar dan terkenal.
  4. Hampir bisa dikenali hasil desainnya menggunakan Canva oleh sesama pengguna Canva ataupun desainer grafis, hal ini dikarenakan keterbatasan modifikasi template yang tersedia di Canva, sehingga hasilnya cendrung seragam.
  5. Menurunkan biaya usaha terutama pelaku UMKM sehingga tidak perlu lagi mempekerjakan Desainer Grafis untuk kebutuhan promosi media sosial dan ecommercennya.
  6. Menciptkan peluang usaha baru, salah satu contohnya jasa desain CV, jasa Handle Medsos dan Webinar seputar pelatihan aplikasi Canva.

Dari paparan diatas merupakan opini, yang tentunya kebenarannya bersifat relatif, namun opini tersebut adalah hasil kolektif dari Saya dan beberapa teman Saya yang bekerja sebagai Desainer Grafis saat ini.