Youtuber vs Blogger, Mana yang Lebih Menguntungkan

Andi Jalaludin

Youtuber vs Blogger, Mana yang Lebih Menguntungkan
Cisareodesign.com - Saat ini menjadi Content Creator merupakan peluang untuk mendapatkan penghasilan, akan tetapi untuk menghasilkan dolar tidak semudah melihat melihat Content Creator yang sudah sukses diterima Adsense. Pada dasarnya motivasi menjadi Content Creator tiap orang berbeda beda, ada yang karena hobi yang kemudian di ekspresikan dalam bentuk konten video ataupun tulisan ataupun ada yang benar - benar murni tujuannya menghasilkan uang. Seiring dengan pesatnya perkembangan digital, bukan hanya Youtube dan Blog saja untuk dijadikan wadah para Content Creator, akan tetapi plarform lain seperti Tiktok yang saat ini sedang naik daun tentunya jadi peluang baru bagi para ceator atau pedagang untuk menghasilkan dolar.

Disini Saya akan bahas manakah yang lebih menguntungkan antara menjadi Youtuber dan Blogger dengan perspektif kelebihan dan kekurangan dari platform tersebut.

Youtube vs Blogger

Menjadi Content Creator Blog (Penulis Blog/Blogger)

A. Kelebihan

  1. Lebih mudah mengekspresikan karyanya melalui tulisan dan gambar dan cocok untuk orang yang hobi menulis baik itu tutorial maupun karya tulis lainnya.
  2. Jenis periklanannya bervariasi, sehingga jika kalian ditolak mengajukan menjadi partner Adsense atau pernah dibanned masih banyak alternatif adsense lainnya untuk mendapatkan dolar, contohnya MGID, Adsterra dan masih banyak lagi.
  3. Tampilannya tidak membosankan karena tersedia tamplate custom, baik itu dari sisi hompage, tampilan post dan halaman sehingga kalian bisa mendesainnya atau memilih template sebagus mungkin sehingga menarik pengunjung.
  4. Bisa daftar ulang Google Adsense jika sudah pernah dibanned. Apabila akun Adsense kalian pernah dibanned karena adanya invalid click, invalid traffic dan invalid activity, maka kalian bisa daftar ulang dengan mencabut/menghapus pembayaran di akun Google Adsense sebelumnya yang telah dibanned, dengan menunggu beberapa bulan bisa daftar ulang lagi.
  5. Mudah mendapatkan akun Google Adsense beserta pin dengan cara membeli di media sosial, misalnya di group Facebook jual beli Adsense, banyak sekali orang yang menjual. Tentunya ini kabar baik bagi penulis blog yang susah di approve menjadi partner Google Adsense terutama blog lowongan kerja yang susah di approve Google Adsense dan cara alternatifnya membeli akun Google Adsense beserta pinnya dengan tujuan untuk mendapatkan dolar yang cepat tanpa ribet.
  6. Mudah diterima menjadi partner Google Adsense, serta periklanan jenis lainnya dengan minimal hanya 250 pengunjung perhari.
B. Kekurangan
  1. Pendapatan Google Adsense dari Blog sangatlah kecil jika dibandingkan dengan Youtube, maka dari itu jika kalian menulis atau berkarya diblog orientasinya uang terkadang bisa putus ditengah jalan alias tidak lagi membuat konten berkelanjutan.
  2. Jika sudah diterima Google Adsense terkadang rawan untuk dibanned, entah itu karena kesalahan kita sendiri ataupun karena ulah orang lain yang jahat, yang menyebabkan invalid click, invalid traffic dan invalid activity.
  3. Pengunjung real postingan blog sangat sulit didapatkan terutama untuk blogger pemula, hal ini dikarenakan budaya membaca di Indonesia sangat rendah, jika blog kalian ditunjukan untuk audiens orang Indonesia, ditambah saat ini orang lebih banyak menonton video ketimbang membaca.
  4. Perlu belajar sedikit lama dibandingkan dengan membuat konten di Youtube. Bagi para creator blog alias blogger setidaknya harus banyak mempelajari tata letak yang pas untuk tampilan template, baik itu navigasi ataupun tata letak iklan dan postingan.
  5. Share link postingan ke media sosial terbatas terutama sosial media yang tergabung dalam Meta misalnya Facebook dan instagram. Jika kalian kirim masal link postingan blog alias spam link postingan , maka otomatis blog kalian akan dibanned oleh Facebook dan Instagram dan untuk share postingan ataupun sekedar menyimpan di bio, meski pengajuan banding bisa dilakukan umumnya jarang berhasil.

Menjadi Content Creator Youtube (Youtuber)

A. Kelebihan

  1. Cocok untuk para Content Creator pemula dan hampir untuk segala usia bisa berkesempatan menjadi Youtuber, meski persyaratan menjadi partner Google Adsense usianya minimal 18 tahun, namun masalah kartu identitas bisa meminjam ke teman ataupun sudara kita sendiri yang telah berusia 18 tahun untuk melengkapi dokumen persyaratan menjadi partner Google Adsense.
  2. Pendapatannya uang dari youtuber cukup besar jika dibandingkan dengan blog ataupun dengan platform lainnya.
  3. Tidak rawan dibanned jika kesalahannya tidak fatal.
  4. Kebebasan share link ke media sosial , misalnya jika kalian share secara masal maka tidak akan dibanned link youtubenya namun lebih kepada pembatasan postingan pada akun media sosial tersebut.
B. Kekurangan
  1. Membutuhkan waktu lama untuk menjadi partner Google Adsense, hal dikarenakan Youtube memberi syarat 4000 jam 1 rb subscribe atau 10 juta view short video tanpa subscribe untuk diterima sebagai partner Google Adsense.
  2. Mudah terkena hak cipta (copyright) terutama penggunaan musik dan cuplikan video.
  3. Membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membuat konten video yang berkualitas dibandingan dengan menulis blog.

Dari paparan diatas kalian bisa memilih platform mana yang kalian lebih sukai dengan melihat kelebihan dan kekurangan untuk dijadikan wadah sebuah konten yang keduanya sama - sama milik Google.

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar