A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membuat Gambar 3D di Adobe Ilustrator

Hai guys, pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat objek gambar 3D di Adobe Ilustrator seperti gambar diatas ini. Mungkin bagian pembahasan ini tidak ada penambahan skin atau seamless pada bagian gambar 3Dnya akan tetapi kita akan buat pure seperti gambar diatas. Oke langsung saja kalian bisa buka aplikasi Adobe Ilustratornya.

Langkah 1Buat dokumen baru seperti gambar dibawah, disini Saya menggunakan ukuran Widht : 20 cm dan Hegiht : 20 cm, kemudian pilih Create.


Langkah 2. Buat dua buah lingkaran dengan ukuran berbeda, disini Saya membuat 1 lingkaran kecil biru dan yang satu lagi lebih besar warna abu - abu. Warna biru sebagai pemotong lingkaran besarnya. Disini kita akan potong lingkaran besaranya menggunakan lingkaran kecilnya yaitu warna biru dengan menggunakan Pathfinder. Cara memunculkan Pathfindernya yaitu dengan cara pergi ke menu Windows kemudian pilih Pathfinder. Setelah muncul Pathfindernya, kalian bisa seleksi kedua lingkaranya kemudian pilih Minus Front pada Pathfinder.

Langkah 3. Belah lingkarannya dengan menggunakan Divide pada Pathfinder dengan cara seleksi semua objek dengan CTRL + A kemudian pilih Divide pada Pathfinder, setelah itu Ungroup dan hapus objek warna birunya, karena kedua objek persegi panjang warna biru hanya sebagai pemotong saja. Setelah objek persegi panjang warna birunya dihapus, kemudian CTR + A kemudian Klik Kanan pada mouse kemudian pilih Group.

Langkah 4. Pergi ke menu Effect kemudian pilih 3D, selanjutnya pilih Extrude and Bevel, setelah itu atur posisi dan ketebalannya, kemudian klik OK.

Langkah 5. Seleksi objek lingkarannya dengan CTR + A setelah itu pergi ke menu Object kemudian pilih Expand Appearence.

Langkah 6Ungroup 2 kali, kemudian gabungkan bagian ketebalannya karena banyak bagian yang terpisah dengan menggunakan Unite pada Pathfinder.

Langkah 7Kemudian gunakan warna gradient supaya terlihat lebih nyata bentuk 3Dnya.

Langkah 8. Pada bagian lingkaran yang terpotong gradientnya kolaborasi hitam dan biru dan bagian ketebalannya harus sedikit gelap supaya terlihat bentuk 3Dnya dengan cara copy paste ketebalannya, setelah itu pilih warna hitam dan turunkan Opacitynya.

Langkah 9. Tambah sedikit effect glow pada bagian permukaan dan ketebalannya dalam rangka untuk mengatur pencahayaannya. Dengan cara Copy Paste objek asalnya kemudian buat objek baru untuk mengatur pencahayaanya dengan gradient putih transparan, setelah itu seleksi seleksi objek kedua objek asal dengan objek baru, kemudian pilih Intersect pada Pathfinder.

Langkah 10. Tambahkan sedikit gradient warna biru kolaborasi hitam dan gradient putih kolaborasi transparan pada bagian permukaan lingkaran.


Selamat mencoba😊


Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.


Thanks, semoga bermanfaat






Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar