A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Editing Foto Landscape Menjadi Lebih Berwarna di Photoshop

Hai all, kali ini kita akan mengedit foto hasil capture secara langsung menjadi lebih berwarna di Adobe Photoshop. Mungkin bagi temen - temen disini ada kerjanya sebagai Fotographer untuk kebutuhan microstoct, tentunya wajib diedit terlebih dahulu sebelum upload ke microstoct supaya lolos reveiw ataupun hanya untuk sekedar upload ke media sosial tentunya akan lebih atractive jika diedit terlebih dahulu. Oke untuk sample gambarnya kalian bisa download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD Sample Foto

Setelah kalian download sample fotonya, maka kalian bisa ikuti langkah - langkah berikut ini :

Langkah 1Buka Adobe Photoshop, kemudian pilih sample foto yang sudah di download dengan cara pergi ke menu File kemudian pilih Open dan pilih sample fotonya ataupun bisa langsung drop and drag sample fotonya ke Photoshop.











 




 
Langkah 2. Hapus objek yang tidak diinginkan dengan menggunakan Clone Stamp Tool, dengan cara pilih Clone Stamp Tool kemudian arahkan kursor ke objek yang ingin kita hapus dan sambil tekan ALT pada keyboard untuk ambil sample hapusnya. Disini Saya akan hapus kabel yang paling ujung.

Langkah 3. Buat Layer baru kemudian pergi ke menu Select kemudian pilih Color Range kemudian arahkan Eyedropper Tool ke fotonya setelah itu atur Fuzziness dan Rangenya, kemudian klik OK.

Langkah 4. Pilih Brush Tool kemudian atur warnanya, disini Saya pilih warna Orange sedikit kemerahan kemudian klik OK. Untuk pemilihan warna orange kalian bisa pilih ya sesuai dengan warna langit dan awan disaat matahari terbit. Untuk pengaturan Brush Toolnya kalian bisa pilih yang Hard Round, kemudian arahkan ke fotonya dengan full, setelah itu Layernya pilih ke mode warnanya Overlay.

Langkah 5. Supaya awannya agak sedikit gelap maka maka tambahkan warna hitam dengan tingkat kepekatan hitamnya tidak terlalu hitam, sedikit abu - abu, dengan cara buat Layer baru, atur warnanya kemudian pilih jenis Brush Toolnya menjadi Soft Round, setelah itu arahkan Brush Toolnya ke foto secukupnya.

Langkah 6. Masih di Layer yang sama. Kalian bisa pilih Blending Option dan kalian bisa atur Underlaying Layernya seperti gambar dibawah ini. Bisa sambil tekan CTRL + ALT.
Langkah 7. Masih di Layer yang sama. Tambahkan sedikit warna biru di ujungnya dengan cara atur warnanya kemudian pilih Brush Tool yang jenisnya masih Soft Round Untuk penambahan awan warna hitam kalian bisa lakukan ulang menggunakan  Langkah 5 dan 6.

Langkah 8. Supaya ada sedikit efek sinar mataharinya, kalian bisa pilih Gradient dengan Stylenya : Angle, kemudian tempatkan pusat gradientnya ditengah matahari.

Langkah 9. Atur Gradient Type : Noise, Color Mode : HSB, atur Roughnessnya dan turunkan warna hijaunya, setelah itu Randomize yang sesuai dengan sinar matahari, kemudian klik OK. Untuk Layer gradient kalian bisa pilih mode warnanya yang Screen.

Langkah 10. Supaya warna sinar mataharinya tidak telalu pekat maka kalian bisa pilih Levels dan buat Cliping Mask supaya hanya berpengaruh pada sinarnya saja kemudian atur Levelsnya.

Langkah 11. Supaya sinar mataharinya bagian ujung foto terlihat smooth, maka kalian bisa sedikit hapus menggunakan Brush Tool. Jika warna matarinya putih maka warna Brush Toolnya harus warna hitam dan untuk tipe Brush Toolnya yaitu Soft Round.



















Selamat mencoba😊

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.



Thanks, semoga bermanfaat

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar