Dominasi Adobe Corporation di Bidang IT dan Multimedia

Andi Jalaludin

Adobe merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri software. Jika kalian mendengar kata Adobe Photosop dan Adobe Ilustrator, mungkin software itu terdengar sudah tidak asing lagi di telinga kita, yaitu gunakan untuk desain grafis dan editing foto. Akan tetapi sebenarnya Adobe Corporation bukan hanya sekedar mengeluarkan Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator untuk kebutuhan desain grafis ataupun untuk editing foto saja, Adobe Corporation juga bergerak dihampir semua bidang multimedia dan kebutuhan untuk pembangunan web. Dalam artikel ini tidak akan membahas satu persatu fungsi dari aplikasi keluaran Adobe, karena mungkin sudah banyak sekali artikel yang membahas mengenai fungsi - fungsinya, kita akan bahas mengapa Adobe hampir mendominasi semua kebutuhan multimedia termasuk untuk kebutuhan pembangunan web.

Pada dasarnya Adobe Corporation memiliki tingkat update sangat cepat pada setiap aplikasi yang dikeluarkannya dengan tujuan penambahan dan perbaikan pada versi - versi sebelumnya. Selain tujuan penambahan dan perbaikan pada versi software yang dikeluarkan Adobe, mungkin tujuan lainnya untuk menambah volume penjualan. Faktor Adobe Corporation hampir mendominasi untuk kebutuhan multimedia karena banyak sekali pelanggan yang menggunakan secara pribadi hingga korporasi sebagai software profesional. Misalnya saja saat ini Adobe Premiere Pro dan After Effect dijadikan software untuk kebutuhan editing di industri perfilman profesional oleh kalangan editor video. Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator juga dijadikan software editing dan desain grafis profesional baik pada tingkat individu ataupun korporasi. Untuk kebutuhan web dan aplikasi, Adobe Corporation punya Adobe Dreamweaver dan Adobe XD yang menjadi andalanya. Industri musikpun sudah bisa dipastikan mayoritas pake software keluaran Adobe yaitu Adobe Audition untuk keperluan editing hasil rekaman audio. Meski saat ini Adobe Ilustrator apalagi After effect memiliki fitur 3D akan tetapi Adobe juga memiliki software khusus untuk modeling 3D yaitu Adobe Dimension.

Faktor lain mengapa software keluaran Adobe selalu jadi andalan yaitu karena banyaknya contributor baik dibidang pembuatan template desain grafis ataupun motion grafis didominasi oleh Adobe, misalnya saja Envato, Freepik, Storybolocks dan masih banyak lagi. Kualitas hasil dari kinerja Adobe tidak diragukan lagi dan sebagian software keluaran Adobe juga yang merupakan hasil akuisisi misalnya Adobe Dreamwever merupakan hasil akuisisi dari Macromedia oleh Adobe Corporation.

Menurut pendapat saya sendiri sebagai penulis artikel ini, meski hampir semua software keluaran Adobe menyajikan tool dengan sepraktis mungkin, akan tetapi tidak semua software keluaran Adobe bisa dipelajari langsung dari aplikasi Adobe itu sendiri akan tetapi harus punya basic dari luar aplikasi itu sendiri. Misalnya saja kita ingin membangun website langsung menggunakan Adobe Dreamweaver tentunya akan sangat memusingkan jika tidak disertai pemahaman html, css dan Javascript serta bahasa pemerograman lainnya. Maka saran saya jika ingin belajar membuat website lebih baik pelajari terlebih dahulu basicnya jangan langsung ke Adobe Dreamwever.

Oke guys sebenarnya masih banyak software keluaran Adobe Corporation yang Saya tidak sebutkan,akan tetapi itu hanya pemaparan garis besarnya saja,software keluaran Adobe yang admin pernah nyoba install meski beberapa di uninstall lagi😊.


Thanks, semoga bermanfaat

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar