Cara Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Andi Jalaludin

Mengubah dari pecahan campuran ke pecahan biasa sebenarnya sangat mudah sekali, cukup hanya dengan menggunakan operasi perkalian dan penjumlahan saja, serta aturan perkalian dan penjumlahannya dapat kalian pahami di materi pembahasan ini. Oke kita akan jawab contoh soal diatas beserta langkah penyelesainnya.

Langkah penyelesainnya yaitu penyebut yang bernilai 5 dikalikan dengan 2, kemudian ditambah dengan pembilang yang bernilai 3, maka hasilnya 13. Angka 13 menjadi pembilang, sementara penyebutnya masih tetap bernilai 5.

Langkah penyelesainnya yaitu penyebut yang bernilai 11 dikalikan dengan 1, kemudian ditambah dengan pembilang yang bernilai 6, maka hasilnya 17. Angka 17 menjadi pembilang, sementara penyebutnya masih tetap bernilai 11.

Langkah penyelesainnya yaitu penyebut yang bernilai 4 dikalikan dengan 5, kemudian ditambah dengan pembilang yang bernilai 7, maka hasilnya 27. Angka 27 menjadi pembilang, sementara penyebutnya masih tetap bernilai 4.


Mudah sekali ya temen - temen, dan kalian bisa share materi ini supaya Saya lebih semangat lagi untuk membuat konten selanjutnya😊.

Thanks, semoga bermanfaat





Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar