A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membuat Pola Anyaman di Adobe Ilustrator

Hai all, dikesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai materi tutorial cara membuat pola anyaman di Adobe Ilustrator. Jadi teringat waktu masa kecilku yang sering buat anyaman dari bambu hanya untuk sekedar cari hiburan semata, maklum duluku tinggal di desa wkwk😀, tapi sekarang karena eranya digital, karya seni jenis seperti pola anyaman bisa dibuat di software semodern Adobe Ilustrator ini. Adobe Ilustrator sendiri muncul bukan baru - baru ini, yaitu sudah ada sejak tahun 1987, akan tetapi mungkin penggunaan dengan skala besar baru dimulai saat ini seiring dengan pesatnya perkembangan digital dihampir segala bidang. Oke langsung saja kita praktekan cara membuat pola anyamannya, dan kalian bisa download terlebih dahulu sample tekstur bambunya melalui link dibawah ini.

DOWNLOAD Tekstur Bambu

Setelah didownload sample tekstur bambunya, kalian bisa ikuti langkah - langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buka software Adobe Ilustratornya, kemudian pilih New dan ukurannya bebas. Disini Saya menggunakan ukuran 12x12 cm untuk artboard atau lembar kerjanya, kemudian pilih Create.

Langkah 2 : Buat persegi panjang kira - kira ukuran 3x1 cm dengan menggunakan Rectangle Tool.

Langkah 3 : Masukan sample gambar tekstur bambu yang sudah di download dengan cara pergi ke menu File kemudian pilih Place setelah itu pilih sample taksturnya kemudian pilih Place.

Langkah 4 : Duplikat persegi yang telah di buat dengan cara CTRL + C kemudian CTRL + SHIFT + V, setelah itu sesuaikan tekstur bambu dengan perseginya. Selanjutnya seleksi persegi yang paling atas dengan gambar tekstur bambunya, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih Make Clipping Mask.

Langkah 5 : Tekstur yang sudah diclipping mask otomatis posisinya akan berada pada posisi yang paling atas, maka dari itu ke ataskan persegi yang dibawahnya dengan cara klik kanan kemudian pilih Arrange setelah itu pilih Bring to Front.

Langkah 6 : Ubah persegi yang sudah dikeataskan kedalam bentuk gradasi seperti gambar dibawah ini, tanpa line.

Langkah 7 : Seleksi semua objek dengan cara CTRL + A kemudian klik kanan setelah itu pilih Group atau bisa dengan CTRL + G.

Langkah 8 : Duplikat objek dengan posisi yang berbeda dengan objek asalnya dengan posisi vertikal, dengan cara klik kanan kemudian pilih Transform setelah itu pilih Rotate, sudutnya ubah menjadi 90 drajat kemudian pilih Copy. Setelah itu posisikan objeknya seperti gambar dibawah ini. Kemudian gabungkan lagi seluruh objeknya dengan cara seperti langkah ke-7.

Langkah 9 : Sambil tekan SHIFT + ALT pada keyboard kemudian tarik objeknya arah sudut bawah dengan posisi seperti gambar dibawah ini.

Langkah 10 : CTRL + D hingga terbentuk pola seperti gambar dibawah ini.

Langkah 11 : Gabungkan lagi seluruh objeknya dengan cara seperti langkah ke-7.

Langkah 12 : Lakukan seperti seperti langkah ke-9 sambil manarik objek seperti gambar dibawah ini, kemudian CTRL + D.

Langkah 13 : Atur ukuran anyaman yang kalian inginkan. Disini Saya menggunakan ukuran asalnya dengan menggunakan persegi 12x12 cm, kemudian sedikit perkecil ukuran anyamannya sesuai dengan artboard dan seleksi kedua objeknya setelah itu klik Kanan setelah itu pilih Make Clipping Mask.


Selesai deh😊, selamat mencoba

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.
Thanks, semoga bermanfaat

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar