Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Mudah dan Cepat

Andi Jalaludin

Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat

Menghitung penjumlahan bilangan bulat umumnya menggunakan garis bilangan supaya penjelasannya dapat dilihat secara visual namun juga ada yang menghitung bilangan bulat tanpa alat bantu. Di pembahasan kali ini kita akan mengerjakan bagiamana cara menghitung bilangan bulat menggunkan alat bantu berupa garis bilangan dan tanpa alat bantu. Sebelum masuk ke pembahsannya mari kita pahami terlebih dahulu Pengertian Bilangan Bulat.

Apabila sudah mengerti apa itu bilangan  bulat, mari kita lanjutan cara mengghitung bilangan bulat dengan cara berikut ini.

A. Menghitung Bilangan Bulat menggunakan Garis Bilangan.

Menghitung bilangan bulat menggunakan garis bilangan biasanya bilangan yang tidak terlalu besar.

Contoh Soal :

a. 5 + (-9)

Untuk menghitung bilangan tersebut maka kalian bisa buat garis bilangan seperti dibawah ini.
Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat

Gambarlah anak panah dari 0 ke 5 kemudian dari angka 5 buat panah ke angka -4  karena geser ke kiri sebesar 9, maka hasilnya -4.

b. -4 + 7

Cara Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat

Gambarlah anak panah dari 0 ke -4 kemudian dari angka -4 buat panah ke angka 3 karena geser ke kanan sebesar 7, maka hasilnya 3.

B. Menghitung bilangan Bulat tanpa alat Bantu.

Menghitung bilangan bulat tanpa alat bantu bisanya bilangan yang memiliki nilai besar.

Contoh Soal :

a. 30 + (-20) = 10

Mengapa hasilnya bisa 10, kita analogikan seperti hutang. Angka yang bernilai positif (+) kita anggap sebagai pembayaran, sementara angka yang bernilai negatif (-) sebagai hutang. Maka jika kita punya 30 kelereng kemudian punya hutang 20 kelereng yang harus dibayarkan sisanya sama dengan 10.

b. (-150) + 100 = -50

Jika punya hutang 150 kemudian kita bayar 100, maka otomatis masih ada sisa hutang 50 maka hutang anggap dengan bilangan bernilai negatif yaitu -50.

Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar