Pengertian Bilangan Bulat dan Contoh Soal Bilangan Bulat

Andi Jalaludin

Pengertian Bilangan Bulat dan Contoh Soal Bilangan Bulat

Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat negatif {...,-4, -3, -2, -1}, nol { 0 } dan bilangan bulat positif {1, 2, 3, 4,...}. Bilangan bulat negatif biasanya dinyatakan dengan tanda negatif (-) misalnya -4, sementara bilangan bulat positif memiliki tanda positif (+) misalnya +4, akan tetapi bilangan bulat positif umumnya di tulis tanpa tanda positif, cukup dengan menulis angkanya saja yaitu 4.

Supaya kalian bisa lebih memahami mari kita lihat penjelasan bilangan bulat dibawah ini.

A. Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan

Garis diatas diberi angka 0, 1, 2, 3, 4, 5,... Jika A maju 3 langkah kedepan, maka A akan berada diposisi +3. Selanjutnya jika A mundur 2 langkah kebelakang, maka A akan berada diposisi +1.

B. Bilangan Bulat dalam Kehidupan Sehari - hari

Pernahkah kalian mendengar dibawah permukaan laut ?. Misalnya kapal selam D berada di kedalaman 12 m di bawah permukaan laut, maka dapat ditulis -12. Jika permukaan air laut dinyatakan dengan 0 maka diatas permukaan laut dinyatakan  dengan tanda positif. Contoh lainnya suhu udara di kutub selatan sangat dingin hingga -34 drajat celcius.

C. Membandingkan Bilangan Bulat dengan Menggunakan Notasi

Untuk membandingan bilangan bulat biasanya menggunakan notasi kurang dari "<" dan lebih dari ">". Mari kita ingat kembali bahwa bilangan bulat negatif itu lebih kecil dari 0 dan bilangan bulat positif. 

Misalnya -5 lebih kecil daripada 2 maka bisa ditulis dengan menggunakan notasi yaitu -5 < 2

Contoh lain misalnya 0 lebih besar daripada -9 maka ditulisnya 0 > -9.


Pemaparan diatas merupakan pengenalan bilangan bulat yang wajib kalian pahami, dan untuk tingkat selanjutnya kita bahas Penjumlahan bilangan bulat.







Andi Jalaludin
Official Admin Cisareo Design
Komentar