A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Jangan Paksa Laptopmu Install Adobe versi CC

Kali ini Saya hanya ingin barbagi pengalaman saja mengenai instalasi software besutan Adobe. Jadi ceritanya ketika Saya punya spek laptop pas – pasan akan tetapi ingin rasain Adobe Photoshop versi CC 2017 dan Adobe Ilustrator versi CC 2017. Waktu itu Saya pake laptop Asus X453SA dengan spek RAM 2 gb dan kartu grafisnya alias VGAnya Intel Celeron N3050. Awalnya tidak ada kendala ketika Saya install bebrapa software Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Ilustrator CS6, akan tetapi mungkin karena Saya terlalu penasaran ingin mencoba Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator versi CC yang sekilas userinterfacenya keren dan berbeda dengan versi sebelumnya, maka dari itu Saya memutuskan download Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator versi CC, kemudian rasanya saya tergesa – gesa ingin segera beres downloadnya untuk segera diinstal, karena ukuran filenya lumayan gede dan mungkin Saya berharap dengan mengisntal Adobe versi CC bisa memberikan pengalaman yang berbeda untuk bisa dipelajari.

Langkah awal saya uninstall Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator versi CS6 karena akan digantikan dengan versi CC, kemudian Saya install Adobe Ilustrator versi CC 2017 setelah berhasil di install dan di aktivasi, Sayapun tidak sabar ingin coba tes dulu, maka Saya coba buka Adobe Ilustrator dan berhasil sih akan tetapi lama banget masuknya, kemudian setelah berapa menit baru bisa kebuka, pas mau New File lemot lagi dan akhirnya bisa juga setelah beberapa menit, dan tanda – tanda lemotpun tidak membuat Saya kecewa😊wkwk, karena mungkin Saya sangat menginginkan versi CC. Kemudian saya close Adobe Ilustrator yang saya sudah buka, karena saatnya giliran Adobe Photohop yang saya harus install. Kemudian Saya Install Adobe Photoshop CC 2017 dan selanjutnya saya aktivasi, setelah selesai instalasi dan aktivasi, Saya coba buka Adobe Phohtoshopnya dan kali ini benar – benar  lemot yang tidak bisa ditoleransi karena selain lemot layar laptopnyapun berkedip, akan tetapi meski dengan rasa kesal Saya tunggu sampai bisa kebuka dan akhirnya ketika New File lemot lagi setelah beberapa menit, baru bisa kebuka, dan ketika saya coba brush tool lemotnya minta ampun dan akhirnya Saya sadar dengan keadaan spek laptop yang Saya gunakan😊, kemudian saya memutuskan untuk uninstall Adobe Photoshop CC 2017 dan mengganti dengan versi sebelumnya. Untuk Adobe Ilustator CC 2017 saya pertahankan karena lemotnya masih bisa ditoleransi.

Mungkin mengenai hal spek laptop Saya masih sangat awam, maka ambisipun muncul dipikiran Saya tanpa tau diri😄wkwk, yaitu berambisi untuk bisa belajar motion graphic yang tentunya ahlinya Adobe After Effect, kemudian Saya coba download Adobe After Effect versi CS6 karena berpikir jika download versi CC akan terjadi hal yang sama lemotnya seperti install Adobe Photoshop dan Adobe Ilustrator versi CC. Selanjutnya setelah selesai download kemudian saya install dan aktivasi, kemudian setelah instalasi dan aktivasi selesai, Saya coba buka aplikasi Adobe After Effectnya, tanda – tanda lemotpun belum muncul dan dengan senang hatinya Saya coba uji dengan template milik orang lain, ketika di play videonya malah bolak balik pada 9 detik play video, tidak sampai finish, Sayapun coba ubah frame ratenya ternyata masih sama. Kemudian saya coba search di google mengenai kendala tersebut, dan ternyata saya menemukan akar permasalahannya yaitu faktor GPUnya tidak aktif. ketika Saya periksa GPUnya memang tidak bisa diaktifkan dan optionnyapun mati alias tidak bisa centang pilihan opsi di GPU.

Kemudian saya coba terus menerus search di google dan menemukan forum chat ada rekomendasi bahwa solusi supaya GPU aktif untuk sejenis spek laptop yang Saya gunakan maka harus install Adobe After Effect versi CC kemudian install Microsoft visual C++, maka saya putuskan untuk download Adobe After Effect CC 2015 dan Microsoft visual C++ sebelumnya sudah terinstal. Setelah selesai didownload kemudian install dan aktivasi, kemudian setelah selesai instalasi dan aktivasi, saya coba buka aplikasi After Effectnya, hasilnyapun sangat lemot luar biasa ditambah layar berkedip, akan tetapi dipikiran Saya, meskipun lemot, mengaktifkan GPU adalah solusi untuk mengatasi lemot. Akan tetapi masih belum bisa aktif GPUnya, kemudian saya otak atik regedit dan file instalannya hingga GPUnya aktif dan terpilih lah OpenCL karena mungkin CUDA untuk Nvidia. Sayapun merasa senang bisa berhasil mengaktifkan GPUnya sehingga saya alokasikan RAMnya secara total untuk kinerja Adobe After Effect, akan tetapi tidak ada perubahan yang signifikan. Kemudian saya matikan laptop saya untuk istirahat penuh satu hari full untuk tidak bermain laptop. Setelah sehari kemudian, ketika Saya mau menggunakan laptop lagi, laptop tidak bisa menyala. Kemudian saya berpikir laptop tidak bisa menyala karena kerusakan yang disebabkan factor hardwarenya yang sudah tua. Setelah seminggu kemudian Saya memutuskan ke tukang servis komputer untuk memperbaikinya, dan teknisinya menanyakan aktvitas apa yang terakhir Saya lakukan pada laptop, dan Saya jawab bahwa Saya melakukan instalasi Adobe versi CC kemudian teknisi menduga hardisknya jebol, Sayapun mendapat saran ketika mau menginstall haruslah memperhatikan spek laptop.

Dari pengalaman Saya tadi mungkin bisa jadi pelajaran bagi temen – temen semua, khususnya bagi diri Saya pribadi, jika hendak menginstall software hendaklah memperhatikan :

  1. Jenis kartu Grafis atau VGA harus support pada ketentuan spesifikasi software yang akan didownload.
  2. Perhatikan kapasitas jumlah RAM.
  3. Jangan coba – coba gunakan video editing profesional seperti Adobe Premiere Pro atau After Effect jika spek laptop kalian diperuntukan untuk kelas editing desain grafis.
Mungkin itu saja pengalaman pribadi Saya mengenai dunia software editing.

Terima kasih

Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar