A13V69yEtPHqigIZFRLw0MBjYmR4oYbI6aBNbADI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Cara Membuat Bentuk Bola 3D di Adobe Ilustrator

Membuat efek 3D di Adobe Ilustrator sebenarnya sudah sering kita bahas, akan tetapi pada kesempatan kali ini pengunaan efek 3D lebih kepada membuat efek bulatan 3D atau efek bola. Oke langsung saja kita praktekan dan kalian dapat mengikuti langkah - langkah berikut ini.

Langkah 1 : Buka software Adobe Ilustrtornya, kemudian pilih New. Disini Saya menggunakan Adobe Ilustrator CC 2017, dan jika kalian menggunakan versi Adobe Ilustrator yang berbeda jangan khawatir karena pada dasarnya tampilannya tidak jauh berbeda baik dengan versi CS ataupun dengan versi CC ke atas.

Langkah 2 : Disini Saya menggunakan artboardnya 20x20 cm, dan ukuranya terserah kalian bebas, kemudian pilih Create.
Langkah 3 : Buat persegi kecil seperti gambar dibawah ini, dengan cara pilih Rectangle Tool.
Langkah 4 : Pilih Selection Tool kemudian tekan CTRL + ALT sambil geser persegi tersebut kesebelah kanan, maka akan otomatis terduplikasi. Kemudian tekan CTRL + D maka akan terduplikasi seperti gambar dibawah ini.
Langkah 5 : Group objek tersebut, dengan cara seleksi semua objek persegi menggunkan CTRL + A setelah itu CTRL + G atau klik kanan kemudian pilih Group.
Langkah 6 : Lakukan seperti langkah 4, akan tetapi disini kalian bisa geser persegi yang sudah di Group ke bawah, kemudian CTRL + D, maka hasilnya akan terduplikasi seperti gambar dibawah ini.
Langkah 7 : Group lagi semua objek perseginya dan kalian bisa lakukan dengan cara seperti langkah 5.
Langkah 8 : Pilih Symbol dan apabila belum muncul di Adobe Ilustrator yang kalian gunakan, maka untuk memunculkannya bisa pilih Menu Window kemudian pilih Symbol.

Langkah 9 : Seret persegi yang sudah di Group ke Symbol, dan kalian bisa kasih nama terserah kalian namanya, disini Saya kasih nama "Persegi Biru".
Langkah 10 : Ketika perseginya sudah masuk ke Symbol makan kalian bisa delete perseginya yang berada di artborad atau lembar kerja, kemudian buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool seperti gambar dibawah ini.
Langkah 11 : Potong lingkaran hingga menjadi setengah lingkaran menggunakan Scissors Tool.
Langkah 12 : Seleksi setengah lingkarang tersebut kemudian pilih menu Effect setelah itu pilih 3D kemudian pilih Revolve selanjutnya pilih Map Art.
Langkah 13 : Pada bagian Map Art kalian bisa pilih Symbol, karena tadi Saya sudah custom symbolnya dengan nama "Persegi Biru" maka Saya pilih Persegi Biru tersebut.
Langkah 14 : Atur posisi Symbol pada Map Art kira - kira kemiringan 45 drajat dengan memperbesar perseginya supaya merata pada permukaan effect bolanya kemudian klik OK.
Langkah 15 : Pada 3D Revolve Options kalian bisa klik lagi OK.
Langkah 16 : Seleksi bolanya tersebut kemudian pergi ke menu Object setelah itu pilih Expand Appearance dengan tujuan untuk memisahkan komponen bagian bolanya dengan symbol yang sudah menyatu tersebut.
Langkah 17 : Seleksi objek kemudian klik kanan setelah itu pilih Ungroup, dan kalian bisa lakukan langkah ini sebanyak 2x.
Delete salah satu objek dibawah ini, disini Saya delete objek yang sebelah kiri, maka tinggal sisa satu objek bola lagi yaitu yang bagian luarnya.
Langkah 18 : Double klik pada objek bola tersebut dengan tujuan untuk menghapus bagian dasar bolanya tersebut, yaitu disini yang akan dihapus warna abu - abunya, setelah terseleksi bagian dasarnya maka pilih delete pada keyboard.
Langkah 19 : Ganti warna bolanya dengan cara pilih menu warna kemudian pilih Gradients selanjutnya pilih Metals. Setelah itu pilih Magic Wand Tool kemudian arahkan ke objek 3D bolanya, kemudian ubah warnanya, disini saya gunakan warna gradient Gold Radial.
Langkah 20 : Ubah backgroundnya menjadi hitam akan tetapi tidak terlalu full hitam, setelah itu buat lingkaran lonjong dengan warna hitam full menggunakan Ellipse Tool untuk bagian shadows dibawah objek 3D bola tersebut.
Langkah 21 : Posisikan objek 3D bola tersebut diatas shadows, dengan cara seleksi ebjek 3D bola tesebut kemudian klik kanan setelah itu pilih Arrange kemudian pilih Bring to Front.

Langkah 22 : seleksi lingkaran lonjong tersebut kemudian pergi ke menu Effect, setelah itu pilih Blur kemudian pilih Gaussian Blur, dan kalian bisa atur seperti gambar dibawah ini.

Selesai deh😊, cukup panjang ya temen - temen step by stepnya, akan tetapi penjelasan diatas adalah penjelasan sangat detail dan mudah - mudahan bisa dipahami.

Apabila kalian masih merasa kurang puas dengan penjelasan diatas, kalian bisa tonton juga video tutorialnya di YouTube channelnya CISAREO DESIGN & SCIENCE.

Thanks, semoga bermanfaat.




























Related Posts
CISAREO DESIGN AND SCIENCE
Tutorial Aplikasi Desain Grafis ( Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw ) serta materi pelajaran Matematika & Fisika ( SMP & SMA Kelas 1, 2, 3 )

Related Posts

Posting Komentar